Jateng

Petugas Satpol PP Semprit Pedagang Kaki Lima

Petugas Satpol PP Semprit PKL
PERSUASIF – Aparat Satpol PP Kota Magelang memilih langkah persuasif dalam upaya menertibkan para PKL yang melanggar ketentuan.
Wiwid Arif/Magelang Ekspres

MAGELANG – Maraknya pedagang kaki lima (PKL) yang menggunakan lapak secara permanen maupun semi permanen di sejumlah area larangan berjualan membuat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) melakukan peringatan. Belasan PKL itu pun didatangi petugas lalu diberikan pengertian.

Kepala Satpol PP Kota Magelang, Singgih Indri Pranggana mengatakan, dalam menggelar aksi secara persuasif itu pihaknya juga dibantu oleh jajaran Disperindag, Kecamatan Magelang Tengah, dan pihak kelurahan. “Fenomena di lapangan hampir semua PKL yang ada di lokasi, seperti Jalan Sriwijaya, Singosari, dan Jalan Beringin, berjualan dengan lapak, tenda, atau kios permanen. Ini tentu sangat menggangu pejalan kaki,” kata Singgih, di sela sosialisasi dengan para PKL, Jumat (27/10).

Ia menjelaskan, PKL yang tidak tertib juga akan mengurangi estetika kota. Hal ini tentu tidak sesuai dengan upaya Pemkot Magelang yang tengah menggaungkan tentang penataan kota. Apalagi, keberadaan PKL juga dinilai menghambat arus lalu lintas di area itu yang tergolong padat.

“Sengaja kami beri peringatan kepada para PKL yang menggunakan tenda atau lapak permanen, terutama di kawasan padat lalu lintas ini,” ujarnya.

Sejauh ini, kata Singgih, pihaknya masih memberi toleransi kepada para PKL tersebut. Tidak ada satupun gerobak ataupun lapak yang dibongkar. “Kita masih dalam tahapan pemberitahuan, sosialisasi, dan peringatan. Sampai batas waktu tertentu, tergantung kesepakatan nantinya, ada tindakan represif jika masih membandel,” ungkapnya.

Menurut Singgih, kesempatan sosialisasi itu juga pihaknya manfaatkan dengan memberi surat edaran (SE) kepada para PKL. Usai sosialisasi, pihaknya akan selalu melakukan patroli dan pengawasan rutin. “Kami berharap para PKL bisa menyesuaikan dan merespons arahan kami, serta bersikap kooperatif demi kenyamanan bersama,” imbuhnya. (wid)

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *