Kajen

Siswa Lomba Menggambar

Lomba Menggambar
MEWARNAI – Ribuan siswa PAUD/ TK ikut memeriahkan fetival bedah bendungan Gembiro.
TRIYONO

Ribuan siswa-siswi dari KB, PAUD, TK dan SD ikut memeriahkan fetival Bedah Bendungan Gembiro di Halaman Desa Krandon Kecamatan Kesesi, Jumat (27/10).

Lomba menggambar dan mewarnai yang dilaksanakan selama dua hari itu merupakan rangkaian festival Bedah Bendungan Gembiro yang dijadualkan puncaknya dilaksanakan pada Rabu (1/11). Adapun ribuan siswa siswi itu berasal dari Kecamatan Kesesi, Bojong dan Sragi dimana lokasi tersebut merupakan aliran sungai Bendungan Gembiro.

Koordinator Lomba, Mundiyarni, menyampaikan kegiatan lomba menggambar dan mewarnai ini merupakan rangkaian festival Bedah Bendung Gembiro. Acara ini sekaligus sebagai ajang memperkenalkan dan sosialisasi bahwa di Desa Krandon, Kesesi terdapat Bendungan Gembiro merupakan peninggalan penjajah Belanda Tahun 1936 dibangun oleh kontruksi D Bromo Pasuruan.

“Bendungan gerak ini hanya ada dua di Indonesia dan salah satunya ya Bendungan Gembiro ini. Dengan kegiatan ini anak-anak akan lebih mengenal dan mengerti bendungan air terbesar di Kabupaten Pekalongan,” terangnya.

Dikatakan, lanjut dia, ini merupakan salah satu cagar budaya yang sudah sepatutnya di jadikan destinasi pariwisata.

“Selain lomba menggambar dan mewarnai juga akan ada jalan sehat, kemudian sepeda santai, Grumungan Kajen, untuk di setiap malam juga ada pasar malam dan pentas budaya dari Dewan Kesenian Daerah. Sedangkan puncaknya akan ada gunungan tumpeng dilanjutkan pembukaan bendungan Gembiro,” imbuhnya. (yon)

Penulis: Triyono & Redaktur: Widodo Lukito

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *