Metro

Teladan Jauh Lebih Baik

Dian Yaleswati
Dian Yaleswati
Guru Inspirasi MAN 1 Pekalongan

Teladan jauh lebih baik dibandingkan seribu ceramah. Itulah ungkapan yang selalu menjadi pedoman Dian Yaleswati untuk menjalani profesi yang dilakoninya menjadi seorang guru. “Guru itu harus memberikan teladan, dan contoh yang baik. Itulah fungsi guru yang sebenarnya,” ungkap wanita yang akrab disapa Dian ini.

Memberikan satu keteladanan lebih baik dari 1000 kata teori, karena siswa akan lebih memahami sebuah tindakan daripada hanya ungkapan semata. “Tugas guru tidak hanya memberikan pelajaran saja selesai, tapi ada tugas yang jauh lebih berat yaiu menjadikan contoh yang baik untuk siswa, dan menjadikan mereka baik bersama kita,” terang Dian.

Dian merasa miris melihat anak-anak zaman sekarang yang seolah kehilangan akhlaknya, tidak sedikit mereka yang mengarah pada perkembangan negatif daripada positifnya. “Anak-anak zaman sekarang itu kan kiblatnya TV, anak-anak kota yang jauh dari adat ketimuran, kurang menghargai orang lain apalagi attitudenya jauh dari kata baik,” tandas wanita yang hobi membaca ini.

Oleh karena itu, ini menjadi tugas bagi orang tua, baik orang tua di rumah maupun di sekolah untuk mengajarkan kembali mereka tentang arti tata krama.

“Untuk merubah ini memang membutuhkan proses, dan butuh kerjasama semua pihak untuk mewujudkannya,” pungkas Dian Yaleswati. (ap4)

Penulis: Malekha & Redaktur: Abdurrahman

Tags

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *