Kendal News

Berikan Pelayanan, Posyandu Lansia Jemput Bola

Posyandu Lansia
JEMBUT BOLA – Pemerintah Desa Kedunggading, berikan pelayanan terbaik melakukan jemput bola Posyandu Lansia.
NUR KHOLID MS

RINGINARUM – Pemerintah Desa Kedunggading, Kecamatan Ringinarum, melakukan jemput bola Posyandu Lansia. Hal itu dalam rangka memberikan pelayanan terbaik bagi warganya di bidang kesehatan terutama yang sudah berusia lanjut.

“Sekilas nampak biasa program ini, hanya saja pola yang digunakan berbeda dengan sebelum-sebelumnya. Ini hanya penyempurnaan dan lebih ke inovasi saja,” kata Yuli Karti, Bidan Desa, di sela-sela pelayanan, Jumat (27/10).

Yuli Karti mengungkapkan, jemput bola itu dilakukan setelah evaluasi dari pemerintah desa dengan kader Posyandu. Dasar pertimbangannya selain jumlah peserta Posyandu Lansia yang belum sesuai harapan juga kendala kondisi fisik yang tidak memungkinkan untuk datang ke pos. Banyak warga yang sudah sepuh dan terkendala kondisi fisik serta keluarga yang kurang mampu.

“Sehingga ada inisiatif bersama untuk melakukan jemput bola beberapa warga untuk diberikan pelayanan gratis secara cuma-cuma setiap bulannya,”terang dia.

Kepala Desa Kedunggading, Budiyono mengatakan, selain pembangunan fisik, kepemudaan, pendidikan dan kesehatan juga menjadi konsen tersendiri Pemerintah Desa Kedunggading.

Sehingga perlu adanya perubahan maindset (pola pikir) bahwa keberhasilan pembangunan tidak hanya sekedar pembangunan fisik tetapi juga terpenuhinya pelayanan kesehatan yang baik.

“Serta sejauh mana peran serta masyarakat dalam mendukung program-program yang sudah dirancang pemerintah desa,” kata dia.

Budiyono menambahkan, terobosan dan inovasi perlu dilakukan guna menyukseskan program-program yang sudah di rencanakan selama satu tahun dengan di support tim kesehatan Puskesmas Ringinarum. Dalam waktu dekat pihaknya juga akan melaksanakan pelayanan kesehatan dan sosialisasi Penyakit Tidak Menular (PTM) dengan program cek gula darah, kolesterol dan asam urat secara gratis.

“Hal ini ditempuh mengingat semakin banyaknya warga yang terkena gejala stroke, darah tinggi dan asam urat dengan tidak memandang usia,” ungkap dia. (nur)

Penulis: Nur Kholid MS & Redaktur: Widodo Lukito

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *