Kendal

Kuliah Pakar, Stikes ke RSJ Grhasia

Stikes Kendal
KULIAH – Beberapa mahasiswa Stikes Kendal tengah mengikuti kegiatan perkuliahan.
AKHMAD TAUFIK

KENDAL – Baru-baru ini STIKES Kendal mengadakan kunjungan sekaligus kuliah pakar di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Grhasia Yogyakarta.

Kegiatan tersebut rutin diselenggarakan setiap semester ganjil. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan pengembangan pendidikan terkait Mata Kuliah Konsep Diri serta menstimulasi minat dan bakat Mahasiswa untuk mempelajari Keperawatan Jiwa.

Hal tersebut sesuai dengan keprihatinan yang ada sekarang bahwa minat Mahasiswa terhadap keperawatan Jiwa dan cita-cita untuk menjadi perawat jiwa sangatlah rendah. Hal itu seperti yang disampaikan oleh bapak Amin Subargus, SKM, MKes selaku Kepala Bidang Pelayanan Keperawatan RSJ Grhasia Yogyakarta saat memberikan sambutan. Kata dia, dua poin penting yang perlu dimunculkan selaras dengan tujuan kegitan tersebut.

“Tujuan dari kegiatan ini agar Mahasiswa harus paham pentingnya kesehatan jiwa, muncul keinginan pada Mahasiswa untuk menjadi perawat jiwa”, terangnya.

Adapun hasil kegiatan menurut dosen pengampu mata kuliah konsep diri Livana, MKep, SpKep.J, bahwa mahasiswa harus memahami alur pengobatan dan mengerti betul kondisi pasien.

“Mahasiswa memahami gambaran tentang kondisi pasien, alur pengobatan dan terapi aktivitas kelompok yang dilakukan di RSJ”, katanya.

Pada kesempatan itu, mahasiswa tampak antusias terhadap kegiatan keliling di setiap ruangan yang ada di RSJ dan materi-materi yang disampaikan oleh pakar dari RSJ.

Harapannya, kegiatan seperti ini bisa berlanjut dan menjadi strategi dalam meningkatkan pendidikan di dunia keperawatan, khususnya keperawatan jiwa. (fik)

Penulis: Akhmad Taufik ss& Redaktur: Widodo Lukito

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *