Batang

Jelang Pergantian Musim, Waspada DB

dr Hidayah Basbeth
Kepala Dinkes Batang – dr Hidayah Basbeth

2017, 2 Orang Meninggal

Menjelang pergantian musim ini, merupakan waktu yang disenangi nyamuk. Pasalnya di waktu ini nyamuk berkembang biak lebih cepat. Oleh karenanya, Dinas Kesehatan Batang mengimbau masyarakat untuk waspada. Terutama pada penyakit yang ditimbulkan oleh nyamuk macam Demam Berdarah (DB).

Bahkan sedari awal tahun 2017 hingga kini, setidaknya sudah ada 34 kasus. Dan dua di antaranya dinyatakan meninggal dunia.

“Musim peralihan ini yang perlu diwaspadai adalah penyakit demam. Terutama Demam Berdarah, karena cuaca yang seperti itu disukai nyamuk,” terang Kepala Dinkes Batang, dr Hidayah Basbeth didampingi Kabid P2PL dr Any Rosydiana saat diwawancarai Kamis, (26/10).

Dijelaskan, masyarakat diharapkan waspada dengan selalu melakukan upaya pencegahan. Utamanya masyarakat diharapkan menerapkan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) yang dinilai lebih aktif memberantas nyamuk.

“Ingat ya, fogging itu bukan cara ampuh untuk membasmi nyamuk. Karena dengan fogging hanya membunuh nyamuk dewasa. Sementara jentik-jentik nyamuknya masih hidup dan masih bisa berkembang biak. Makanya masyarakat harus rajin galakkan PSN,” ajak Basbeth.

Pihaknya sadar mindset fogging sebagai pemberantas nyamuk di masyarakat belum bisa dihilangkan. Oleh karenanya, pihaknya terus mengadakan sosialisasi agar masyarakat melakukan gerakan PSN sebagai upaya pencegahan.

“PSN itu bisa dilakukan salah satunya dengan 3M, menguras, menutup dan mengubur. Selain itu kami juga sudah menyediakan bubuk abathe yang bila dibutuhkan, masyarakat bisa meminta ke Puskesmas terdekat. Selain itu diharapkan adanya perilaku menjaga kebersihan, baik di rumah ataupun di lingkungan sekitar. Sehingga tidak ada tempat yang menjadi sarang perkembangbiakan nyamuk,” tandasnya. (nov)

Penulis: Novia Rochmawati & Redaktur: Dony Widyo

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *