Kesehatan

Ini 5 Alasan Kenapa Harus Mulai Rutin Jalan Kaki Dari Sekarang

http://d7news.com
http://d7news.com

Salah satu olahraga ringan yang murah meriah, nggak butuh bantuan alat apapun itu jalan kaki. Jalan kaki ini menurut American College of Sport Medicine (ACSM) adalah bentuk aktivitas fisik yang direkomendasikan dilakukan sehari-hari. Jalan kaki bisa membantu keluar dari pola hidup yang nggak aktif menjadi pola hidup aktif.

health.kompas.com
health.kompas.com

Banyak banget manfaat yang didapat tubuh kita dari jalan kaki, mulai dari mengurangi stress, menurunkan berat badan sampai mencegah diabetes. Selain itu ACSM juga menyebutkan kalau jalan kaki dalam frekuensi tertentu dapat menurunkan resiko penyakit metabolik kayak kolestrol tinggi (Displidemia), hipertensi dan penyakit jantung koroner. Aktifitas jalan kaki efektif kalau dilakukan minimal 30 menit selama 5 kali seminggu.

Jalan kaki juga bisa dilakukan sama yang super sibuk dan punya aktivitas padat, sampe nggak ada waktu buat olahraga. Cukup sediakan waktu minimal 30 menit buat jalan-jalan ringan setiap hari. Tapi kalau misalnya nggak biasa jalan kaki, bisa dimulai bertahap mulai dari 10-15 menit dulu. Baru nanti lama-lama ditingkatkan jadi 30 menit setiap hari. Jalan kaki ini paling enak dilakukan ketika pagi hari, apalagi kalau pagi-pagi kan udara masih bersih dan belom terkontaminasi sama polusi.

1. Jalan Kaki Bermanfaat Buat Kesehatan Jantung Dan Juga Bisa Menurunkan Kolestrol

http://intisari-online.com
http://intisari-online.com

Serangan jantung sering menyebabkan kematian buat para penderitanya. Apalagi jantung itu organ vital dari sistem tubuh manusia dan berperan untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Nah jalan kaki selama 30 menit bagus juga buat kesehatan jantung. Tahu nggak jalan kaki selama 30 menit bisa menurunkan kemungkinan seorang wanita mengalami masalah jantung sekitar 40 persen. penyebabnya karena jalan kaki bisa meningkatkan denyut jantung, sirkulasi darah juga meningkat dan memperkuat jantung.

Selain itu jalan kaki secara teratur juga bisa menurunkan kadar kolestrol dan gula darah, serta menurunkan tekanan darah. Jalan kaki emang sehat buat jantung, tapi kalau kamu terlanjur punya masalah sama jantung, sebaiknya konsultasi dulu ke dokter. Dari hasil pemeriksaan, biasanya dokter bakal memastikan berapa lama dan seberapa berat olahraga jalan kaki yang bisa kamu lakukan. Karena orang yang terlanjur punya masalah dengan jantung perlu batasan kegiatan tertentu supaya jantungnya tetap dalam kondisi baik.

2. Diabetes Tipe 2 Bisa Dicegah Juga Dengan Rutin Jalan Kaki

http://duniafitnes.com
http://duniafitnes.com

Nggak cuma penyakit jantung aja, penyakit lain kayak diabetes tipe 2 juga bisa dicegah dengan berjalan kaki. Jalan kaki secara rutin ini bisa bikin kadar gula darah dalam tubuh tetap stabil. Dan juga memicu otot-otot untuk bekerja lebih sehingga kemampuannya untuk menyerap glukosa jadi meningkat. Berdasarkan penelitian National Institute of Diabetes and Gigesive and Kidney Disease, jalan kaki dengan kecepatan 6 km/jam yang dilakukan selama 50 menit aja udah mampu mencegah diabetes.

3. Kabar Gembira Buat yang Lagi Diet, Jalan Kaki Juga Bisa Menurunkan Berat Badan

korannonstop.com
korannonstop.com

Tahu nggak sih kalau berjalan cepat selama 30 menit dalam sehari itu udah bisa membakar setidaknya 150 kalori per hari. Kalau langkah kaki kamu semakin cepat, semakin banyak juga kalori yang dibakar. Tapi kalau yang lagi progam diet, nggak cukup cuma jalan kaki aja sih. menjaga pola makan sehat dan nggak makan sembarangan penting juga supaya berat badan cepat turun.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Biar Nggak Gampang Sakit

 www.liputan6.com
www.liputan6.com

Manfaat jalan kaki sebanyak 3 kali seminggu ini bisa meningkatkan kebugaran tubuh dan juga menjaga sistem pernapasan. Coba deh sediain waktu untuk jalan kaki selama 30 menit aja. Jalan kaki selama 30 menit ini udah cukup kok bikin sistem kekebalam tubuh jadi meningkat dan semakin kuat untuk melawan infeksi. Jalan kaki 30 menit juga bisa bikin tidur nyenyak, dan tubuh secara otomatis juga bakal melepaskan zat kimia yang bikin kamu ngerasa lebih baik.

5. Jalan Kaki Bisa Mengurangi stress

http://celahkotanews.com
http://celahkotanews.com

Mungkin ada yang mikir, apa hubungannya jalan kaki sama stress? Nah mekanismenya itu jalan kaki atau aktivitas fisik lain yang dilakukan tubuh kita itu bisa memicu hormon endorfin yang bikin mood lebih baik. Selain itu, hormon ini juga berguna untuk mengurangi rasa cemas dan depresi. Makanya sempetin yuk jalan kaki setiap hari, biar badan tetap bugar, manajemen pikiran kita juga jadi lebih baik.

Selain itu masih banyak lagi sih sebenernya manfaat jalan kaki, contohnya kayak mencegah osteoporosis, mengurangi resiko asma, stroke, radang sendi sampai kanker. Sudahnya murah, nggak perlu peralatan khusus, cuma butuh sepatu sama kaki aja. Tapi sebelumnya, ada hal yang nggak kalah penting untuk diperhatikan, yaitu penggunaan alas kaki. Alas kaki yang tepat ini bisa mempengaruhi proses berjalan kaki.

http://duniafitnes.com
http://duniafitnes.com

Alas Kaki punya peranan untuk membantu mengurangi terjadinya cedera kayak kalus dan lecet dan juga membantu meredam beban (Impact) saat berjalan. Nah sepatu yang baik untuk jalan kaki ini adalah sepatu yang menyediakan support yang baik pada lengkung kaki (arch). Dan bagian tumitnya juga harus kuat sehingga bisa menyokonng tumit, dan sol yang tebal tapi fleksibel dan nggak keras. Untuk milih sepatu, penting juga untuk merhatiin kondisi kaki kita. Misalnya orang yang punya telapak kaki rata tanpa lengkungan. Sepatu yang digunakan harus punya ganjalan untuk menimbulkan lengkungan. Ini bisa dicapai dengan memberi bantalan atau pad untuk menimbulkan lengkung buatan pada telapak kaki. (Dira Elita)