Kesehatan

Jatuh Duduk Itu Bahaya Banget Kalau Nggak Cepat-cepat Ditanganin

akilfah01e2.hatenablog.com
akilfah01e2.hatenablog.com

Pernah nggak kamu jatuh dalam posisi duduk? Jangan dianggap enteng ya, soalnya jatuh dalam posisi duduk bisa bikin cedera di tulang ekor yang terhubung dengan saraf tulang belakang. Makanya kalau jatuh duduk rasanya nyeri banget dan nggak nyaman di tulang ekor.  Coccyx atau tulang ekor terletak di pangkal bawah tulang punggung, nah di tulang ekor, ada beberapa otot dasar panggul, tendon dan ligamen.

Fungsi tulang ekor ini mendukung dan menjaga kestabilan saat posisi duduk. Walaupun tulang terkecil dalam tubuh, tapi kalau terjadi benturan bikin sakit luar biasa. Bahkan sampai bikin masalah kesehatan yang serius kalau terjadi cedera. Misalnya luka atau trauma,memar di tulang ekor atau diskolasi tulang.

1. Jatuh Duduk Bisa Bikin Tulang Ekor Memar Sampe Retak

www.merdeka.com
www.merdeka.com

Ketika jatuh dalam posisi duduk, tulang ekor bisa memar, bergeser atau retak. Nggak cuma jatuh aja sih, benturan keras secara langsung pada tulang ekor juga bikin cedera. Misalnya benturan keras pas lagi olahraga juga bisa menyakiti tulang ekor atau Coccyx.

2. Jangka Waktu Nyeri di Tulang Ekor Bisa Berbeda-beda

http://selfcarers.com
http://selfcarers.com

Nyeri di tulang ekor biasanya berlangsung dalam jangka waktu yang berbeda-beda. Ada yang cuma sebentar, atau sampai lebih dari dua bulan. Penderita bakal ngerasa sakit pas mau duduk, sedang duduk, sedang berdiri atau pas lagi jalan. Nyeri di tulang ekor juga bisa disertai gejala lain kayak nyeri di bokong yang menyebar sampe paha dan kaki. Memar atau bengkak di area tulang ekor atau punggung bagian bawah. Rasa nyeri pas buang air besar, membungkuk atau mengangkat barang. Cedera bisa membuat penderitanya merasakan gejala seperti nyeri punggung bawah atau pinggangnya kayak lagi ditekan.

3. Kamu Harus Waspada Kalau Ngalamin Beberapa Gejala Kayak Gini

 http://dixiechiro.com
http://dixiechiro.com

Gejala yang harus diwaspadai  akibat cedera tulang ekor diantaranya, sakit kepala hebat, sakit luar biasa ketika perpindahan posisi dari duduk dan berdiri. Seluruh tubuh terutama panggul dan pinggang terasa nyeri, tulang ekor nyeri dan nggak mereda dalam jangka waktu lama, kram hebat pas menstruasi, sembelit, depresi dan susah tidur.

4. Selain Jatuh, Cedera Tulang Ekor Juga Bisa Jadi Karena Beberapa Hal

 www.tribunnews.com
www.tribunnews.com

Cedera tulang ekor juga terjadi karena pukulan langsung di tulang belakang, posisi duduk yang salah, terluka atau patah tulang ekor ketika melahirkan. Tumor, infeksi pada tulang ekor, tegang atau gesekan berulang-ulang kayak pas lagi mendayung atau bersepeda. Biasanya masalah kesehatan bisa muncul tepat setelah cedera tulang ekor, dan gejala lainnya bisa muncul di bulan sampai tahun berikutnya.

5. Penanganan Pertama Kalo Abis Jatuh Duduk Bisa Dilakukan Dirumah

http://tailbonedoctor.com
http://tailbonedoctor.com

Kalau kamu abis jatuh duduk dan tulang ekor kerasa nyeri banget, ada beberapa penanganan pertama yang bisa kamu lakukan dirumah. Mulai dari jangan duduk di tempat yang keras dan menggunakan bantal bentuk donat yang empuk untuk mengurangi tekanan tulang ekor. Soalnya lubang di tengah bantal berguna untuk menghindari berat tubuh bertumpu di tulang ekor. Kompres area tulang ekor dengan es sekitar 15-20 menit, bisa dilakukan empat kali sehari selama beberapa hari setelah jatuh duduk.

Biasakan pola makan tinggi serat supaya tinja nggak keras, soalnya tulang ekor bisa tambah nyeri ketika BAB. Kalau nggak kuat sama nyerinya, minum obat pereda nyeri nonsteroid kayak ibuprofen atau aspirin. Tapi kalau punya masalah ginjal, sedang menjalani pengobatan pengenceran darah atau pendarahan di saluran pencernaan, harus konsultasi dulu ke dokter sebelum minum obat pereda sakit.

Kalau rasa sakit yang dialami ternyata cukup parah dan perawatan di rumah nggak bisa menyembuhkan, sebaiknya segera ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.  Dokter kemungkinan akan menganjurkan pemeriksaan neurologis, pemeriksaan colok dubur dan juga pemeriksaan menggunakan X-Ray untuk melihat ada patah tulang atau sendir yang terdiskolasi.

Pada pemeriksaan colok dubur, dokter bakal memasukkan jari ke dubur pasien untuk merasakan ada tulang ekor yang bergeser atau retak. Kalau ternyata ada tulang ekor yang retak, bisa dioperasi atau tidak sampai operasi. Tapi setelah pengobatan dan masa pemulihan rasa nyeri nggak hilang bahkan sampai membuat lumpuh. Kemungkinan dokter bakal mempertimbangkan mengangkat tulang ekor atau Coccygectomy.  (Dira Elita)

7 Comments

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Trimakasih infonya,saya jatuh dari tangga dengan posisi terduduk ,saya sempat tidak bisa berbicara,lalu sesak nafas dan sakit dibagian dada kiri mohon saran nya

  • Saya habis kecelakaan motor dan saat jatuh saya berada dalam posisi terduduk .
    Kemudian punggung bagian bawah saya sakit .
    Setiap ada goncangan sedikit saja itu membuat punggung bawah saya nyeri .
    Bagaimana ya mengatasinya ?

  • Tadi subuh pas buang air kecil saya terpeleser dan jatuh dengann posisi duduk. Stlh itu perut sy sakit, paha sakit. Tangan su dan kaki lemas..kepala agk pusing. Dan kalau duduk d lantai terasa sakit. Dan juga sya buang air besar trus meneruss….




Honda_Fais Juli 2017

REV Suzuki Yulina Agustus 2017