Kesehatan

Junk Food Atau Makanan Sampah Bukan Alternatif Makanan Sehat Untuk Dikonsumsi Setiap Hari. Ini Sebabnya

http://www.foodnavigator.com
http://www.foodnavigator.com

Banyak banget anjuran untuk menghindari makan makanan junk food untuk tetap sehat. Mungkin ada yang berpikiran kalau makanan junk food itu yang nggak boleh itu cuma kentang, mie instan sama burger aja. Junk food atau makanan sampah ini adalah jenis makanan yang banyak mengandung garam, gula, lemak, kalori tinggi dan zat aditif lainnya. Sedangkan kadar nutrisi kayak vitamin, mineral dan seratnya sangat rendah.

Gorengan, mie instan, makanan kalengan, makanan siap saji, makanan olahan/ beku, asinan, daging olahan, makanan yang digoreng/ dibakar, olahan keju sampai makanan yang ada jeroan dan berlemak juga tergolong makanan sampah atau junkfood.

http://i.dailymail.co.uk
http://i.dailymail.co.uk

Memang sih makan junk food ini enak banget, apalagi kalau dateng ke restoran fast food (siap saji). Hal yang bikin kita susah lepas dari makanan sampah ini karena rasanya gurih dan enak dan membuat ketagihan. Makanya nggak heran kan kalau anak-anak suka banget sama makanan junk food.

1. Junk Food Membuat Metabolisme Tubuh Jadi Terganggu

http://www.fiskal.co.id/
http://www.fiskal.co.id/

Menurut penelitian yang dipublikasikan Journal Obesity, orang yang kenyang karena makanan sampah seperti makaroni keju, sosis dan sebagainya. Otot-otot mereka mulai kurang efektif mengubah glukosa menjadi energi. Hasil penelitian ini diketahui setelah tim melakukan penelitian terhadap 12 pria yang sebenernya punya metabolisme cepat dan bebas makan apa saja. 12 pria tadi dites untukmengonsumsi makanan tinggi lemak selama lima hari.

Hasilnya, setlah terus-terusan mengonsumsi junk food, tubuh para relawan tadi nggak mampu mengubah sensitivitas insulin secara keseluruhan. Ini yang menunjukkan kalau junk food berpotensi besar mengacaukan metabolisme mereka.

2. Junk Food juga Bikin Serangan Jantung Meningkat

 http://www.totalgymdirect.com
http://www.totalgymdirect.com

Orang yang senang mengonsumsi makanan yang banyak digoreng, cemilan banyak garam dan daging-dagingan  bisa berisiko sampai 35 persen menderita serangan jantung. Menurut hasil studi di 52 negara, orang yang sering makan daging, telur dan junk food juga lebih mungkin mengalami serangan jantung dibandingin mereka yang lebih banyak makan buah dan sayuran.

3. Kebiasaan Makan Junk Food Terus-terusan bikin Kolestrol Tinggi Sampai Kerusakan Arteri

images.wisegeek.co
images.wisegeek.co

Kebiasaan makan makanan cepat saji juga berdampak sama meningkatnya kadar kolestrol. Selain itu, makanan dengan kandungan lemak jenuh tinggi juga bisa bikin kerusakan langsung di arteri. Akumulasi kolestrol tadi membuat penyempitan di dinding arteri. Menurut penelitian, pria yang mengkonsumsi makanan tinggi lemak kayak sosis, telur, sandwich keju dan kentang goreng,  24 persen lebih banyak mengalami penyempitan dinding arteri.

Penyempitan arteri bisa dilihat oleh peneliti cuma dalam waktu dua jam setelah makan junk food. Penyempitan arteri membuat tekanan darah jadi meningkat dan berisiko menimbulkan masalah jantung juga.

4. Makan Junkfood bikin Lemas dan nggak bertenaga

www.theonlydirection.com
www.theonlydirection.com

Makanan yang kadar gulanya tinggi tapi kalorinya kosong bikin cepet lelah, gemetar dan nggak bisa membuat kenyang. Nggak percaya? coba deh makan siang satu potong kue cake sama es krim. Habis makan makanan yang mengandung kadar gula tinggi kayak, insulin dalam tubuh bakal naik. Selanjutnya jaringan tubuh akan memberi sinyal untuk menyerap semua gula. Gula yang diserap sangat cepat sama jaringan tubuh ini yang bikin perubahan gula darah juga ikut-ikutan cepat. Akibatnya jadi cepat lelah dan mudah marah.

5. Senyawa di Otak Terganggu dan Bakteri di Usus juga Jadi Berubah Gara-gara Junk Food

http://payload307.cargocollective.com
http://payload307.cargocollective.com

Makanan tinggi gula juga mendorong pelepasan opioid dan dopamin. Kedua senyawa ini mirip sama senyawa yang dilepaskan sama otak pas lagi konsumsi obat adiktif. Ini yang bikin makanan tinggi gula, lemak dan berminyak ini bikin kecanduan. Selain itu bakteri baik yang berperan penting dalam sistem pencernaan juga ikut terganggu. (Dira Elita)




Web - Honda_Efa September 2017