Kesehatan

Hati-hati, Sering Ngantuk dan Pusing Itu Bisa Jadi Gejala Awal Kanker Otak

Ngantuk itu kondisi alami ketika tubuh udah capek dan butuh istirahat. Kalau mulai merasakan ngantuk terus menerus walaupun aktivitasnya nggak capek-capek banget, harus mulai waspada. Soalnya rasa ngantuk berlebihan dan berkepanjangan itu salah satu gejala awal kanker otak. Kondisi ini adalah bentuk perubahan status mental dari penderita kanker otak. Hal ini juga bisa jadi indikasi kalau ada sesuatu yang nggak normal sama otak. Nggak cuma ngantuk berlebihan aja sih, kamu harus bener-bener waspada kalau ngalamin sakit kepala yang dahsyat dan terjadi terus-terusan. Ada kemungkinan sel kanker lagi tumbuh di dalam otak.

Kanker otak bisa juga diawali dari tumor otak. Tumor otak adalah hasil dari pertumbuhan sel-sel di otak yang nggak wajar dan nggak terkendali. Tumor otak primer adalah tumor yang berawal di otak. Biasanya sebagian besar tumor otak ganas itu adalah kanker sekunder, artinya sel kanker itu awalnya berasal dari organ tubuh lain yang akhirnya nyebar sampe otak. Tipe tumor otak ganas itu tergantung dari tipe sel otak ketika tumor pertama muncul. Tingkat keganasan tumor otak dibagi jadi 4 kategori yang tergantung dari tingkat perkembangan, kecepatan pertumbuhan dan kemungkinan penyebarannya. Tumor otak stadium 1 dan 2 biasanya masih jinak sehingga nggak disebut kanker. Nah kalau udah ganas dan udah masuk dalam stadium 3 dan 4 ini yang akhirnya disebut kanker. Kanker otak ganas adalah tumor yang menyebar dengan cepat di bagian lain otak dan tulang belakang.

Indikasi kanker otak juga ditunjukkan lewat perubahan status mental lain kayak gangguan memori, misalnya mudah lupa dan nggak mampu konsentrasi. Kalau tiba-tiba mengalami kondisi perubahan mental dan perubahan nggak wajar lainnya, sebaiknya segera konsultasi sama dokter. Kanker otak yang sudah di deteksi sejak dini bisa menghindari risiko kematian.

1. Penderita Kanker Otak Nggak Mengenal Usia dan Siapa Saja Bisa Kena

Di Indonesia sendiri ada sekitar 1200 kasus baru kanker otak untuk pria dan 800 kasus baru untuk wanita setiap tahunnya. Penyakit ini nggak mengenal usia, jenis kelamin dan kedudukan. Siapa saja bisa kena, termasuk juga anak-anak. Kanker otak termasuk penyakit yang tergolong langka di Indonesia. Risiko tumbuhnya tumor otak bisa disebabkan karena penyakit genetik kayak neurofibromatosis (Penyakit genetik yang bikin tumor tumbuh di saraf). Tapi kalau tumor otak ganas primer yang dimulai di otak ini sayangnya masih belum diketahui penyebabnya sampai sekarang.

2. Tumor Akhirnya Bikin Area Otak Nggak Bisa Berfungsi Dengan Baik

Selain bikin otak nggak berfungsi dengan baik, tumor juga bisa menekan otak yang akhirnya bikin sakit kepala hebat disertai kejang-kejang. Kesimpulannya, gejala tumor otak ganas bisa bervariasi di antara penderitanya tergantung dari faktor ukuran dan bagian otak yang kena. Kalau tekanan di dalam kerangka kepala naik akibat tumor, gejala yang bakal dirasain sama penderitanya mulai dari sakit kepala hebat dan berkelanjutan, mudah lelah berlebihan dan gampang banget ngantuk. Ceroboh dan jadi susah konsentrasi, Muntah-muntah mendadak, Kejang-kejang, susah jalan.  Gampang lupa, gampang marah dan jadi cuek, sebagian penglihatan dan pendengaran jadi hilang dan susah  bicara. Nggak cuma fisik,  biasanya penderitanya juga mengalami perubahan kepribadian dan perilakunya.

3. Dampak Tumor itu Beda-beda, Tergantung Lokasi Otak yang Kena Tumor

Otak itu bagian inti yang fungsinya mengendalikan tubuh. Lokasi tumor di dalam otak bisa menentukan fungsi mana yang terpengaruh. Contohnya, tumor otak di bagian samping bisa bikin kejang-kejang atau pingsan dan sensasi penciuman jadi aneh. Kalau tumor di bagian belakang bisa bikin kehilangan penglihatan sebelah. Tumor di Batang otak bisa bikin badan jadi nggak stabil dan gampang jatuh, jalan juga susah, otot muka lemah, penglihatan buram sampai sulit bicara dan menelan. Tumor yang ada di bagian otak kecil itu bisa bikin penderitanya kehilangan koordinasi, susah berjalan dan bicara, mata berkedut, muntah-muntah dan leher kaku.

50 Comments

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Kaluo orang yang menderita kanker otak itu kbanyakan kepalanya gundul min, nha gundul itu di karenakan apa ya min? Mungkinkah karena rambut rontok dengan sendirinya, atau memang sengaja di gundul min? Kalau rambutnya msih tetap panjang apakah akan ada pengaruhnya?
    Dari awal awal tumor itu tumbuh sampai akhir itu byasanya berlangsung berapa lama min? Saya khawatir aja, meninggal jauh dari orang tua dan keluarga? Thank’s min

    • Kak rambut botak itu karen pada saat operasi rambut nya dicukur untuk ke langsung an operasi nya karena kalau tidak di cukup tidak bisa keliatan jelas/ rambut bisa tidak sengaja me nyangkut ke dalam wilayah operasi

    • saya sering mengantuk waktu dalam perjalanan kekantor,,saya menggunakan kendaraan roda doa,,akhir2 ini tingkat ngantuk saya luar biasa meningkat sampai mata terasa sangat pedas dan perih,,tidak ada sakit kepala yg sangat mengganggu, konsentrasi sering sekali buyar, memori sering sekali terganggu dalam jangka pendek, tidak ada kelainan pada area muka dan penglihatan normal, aktifitas fisik pun baik…kira2 apakah saya perlu periksa ke dikter spesialis saraf ? terima kasih 🙂

  • saya akhir2 ini sering sakit kepala,rasanya kepala saya seperti di tekan sangat keras,di area belakang kepala dan pelipis mata sampai mata saya jg jd sakit kedut kedutan,leher saya jg suka sakit dan berasa berat sampai punggung,saya jg sering merasa kelelahan pdhl saya kerja hanya sbg admin,dan tidak byk melakukan kegiatan fisik,jg mudah mengantuk.apa sakit saya ini gejala tumor otak?mohon bantu jawab karena saya jd sangat khawatir

    • vin periksa aja ke RS di kota km yang ada CT Scannya kalo itu tumor msih stadum 1 – 2 masih mudah ditangani tapi semoga bukan,

      • siang Dok, Beberapa bulan ini, sy sering sakit kepala, demam setiap 2 hari sekli sy mengkonsumsi obat penghilang nyeri, dan sy jg sulit konsentrasi, mudah lelah padahal aktivitas sy sudah sy kurangi, dan sy juga sering merasakan sakit di tulang belakang sy ..kira kira itu gejala penyakit apa ya dok?
        terima kasih

  • Itu mgkin karna masuk angin kelamaan kena ac kak vinny,,soalnya saya juga sering ngalamin sama kayak kak vinny,,tapi setelah leher belakang saya kompres pakai air panas yg dimasukkan ke botol plastik(buat bantalan),tak lama kemudian terasa enteng dan sembuh,,dan bisa kentutt..busshh..heehehe

  • Saya mau tanya, udah beberapa hari ini saya sakit kepala. Biasanya saya minum penghilang sakit kepala biasa sembuh tapi sekarang saya sudah minum obat untuk sakit kepala dengan kandungan penenang tapi tetap saja saya masih merasakan sakit. saya setiap hari hanya pergi kekampus dan tidak kemana-mana lagi. Saya mengantuk tapi sulit untuk tidur apakah itu gejala kanker otak? Saya takut.

  • saat ini saya suda berapa thn mengalami sakit kepala awal mulahnya 5 thn lalu. kepala sakit dan gantuk berat pd saat saya coba untuk tidur semua terasa berputar dan mengakibatkan saya harus muntah. bahkan hampir tiap saat saya merasakannya. sesak d dadah leher belakan terasa ketarik kepala serasa mau pecah dan di ikuti muntah.
    saya tdk mengerti penyakit ini gejalah atau awal dari kangker otak.mohon petunjuk

  • hi, kalau saya sudah seminggu ini mengalami badan lemas dan pusing kepala tiap pagi sampai sore, dan sorenya panas dingin itu saya mengidap apa ya

  • saya sering merasa pusing di dekat pelipis mata saya juga sering merasa lemas dan kantuk padahal waktu tidur saya cukup dan merasa badan panas padahal nggk.gejala apa ini ?apa karna kecapean akibat terlalu banyak aktifitas ?mohon informasinya

  • @Arfah

    Usia Anda berapa? Coba periksa ke doketar syaraf, mungkin vertigo! Jika sdh 5 th sperti itu sepertinya sih bukan tumor apalagi kalau tidak ada penurunan berat badan dlm 1-2 th belakangan ini (setidaknya 5-10Kg), kecuali makan Anda terjaga misal selalu makan buah dan sayur segar tiap hari, jarang makan daging merah, tidur awal dan teratur (krn ini semua bisa membuat proses tumor sangat terhambat sehingga berkembang sngat perlahan!).

    Vertigo yg paling ringan serasa melayang (mungkin serasa sprt di atas awan) dan/atau serasa mau jatuh (keseimbangan terganggu), yg paling berat serasa dunia ini berputar2 (serasa di komedi putar yg sangat kencang) dan bisa mual dan/atau muntah2.

    Pemicu vertigo: bbrp hal yg bisa jadi pemicu sprt lapar (krn telat makan), perubahan posisi tubuh dan/atau kepala (saat hendak membungku atau hendak menengadah, duduk lalu berdiri, posisi tidur diubah, dll. dsb. tiap orang bisa berbeda2).

    Sebab vertigo: Butiran kristal dlm ruang labirin yg terpisah dan masuk ke saluran lain (sbrnya ini sangat gampang diatasi dg melakukan posisi tertentu, dokter syaraf sdh mafhum), cirinya perubahan posisi kepala akan memicu vertigo, penyempitan pembuluh darah ke syaraf keseimbangan (labirin) biasanya gara2 penumpukan plak akibat kolesterol tinggi, meniere disease (terutama bila bbrp th kemudian timbul denging di telinga), dll.

  • Malem dokter,
    Ketika saya mengantuk yg dirasakan badan terasa panas dan kepala terasa berat, lalu sya mencoba tidur tapi susah tidur dok. Daya ingt,berpkir dan konsentrasi saya berkurang sekarang ini. Dan brbicra mulai tak nyambung, apkah saya trkna penyakit bhaya ?

  • Saya sering sekali mengantuk, sering sekali lupa, sering sekali sakit kepala dan badab emterasa lemas setuap harinya, mudah marah marah,,,mohon penjelasannya min tentang prnyakit yg saya derita ?

  • malem dok saya udah 5hari ini pandangan kabur dan ngantuk terus. pdhal baru saja bangun tidur trus kadang juga pusing tapi gax sering, sakit apa ya dok

  • Dok, mau nanya…umurku masih 26 th tp rambutku rontok berat dan sudah mengalami kebotakan, sering sakit kepala belakang terus menyebar sampai seluruh kepala, sakit kepalanya minta ampun dah sakitnya…gampang marah/emosinan, pendengaran sedikit terganggu, sering ngantuk, daya ingat /penyakit lupa’nya sudah menghawatirkan, konsentrasi terganggu…ketika kepalaku tak coba dangakkan kebelakang terus kepalaku tak kembalikan ke posisi semula rasanya berat sekali dan pusing seperti ada gempa bumi…apakah ciri2 seperti itu ada indikasi tumor apa tidak dok?

  • min.saya mau tanya.saya sering ngantuk juga pas kerja padahal tidur juga cukup.dan saya sering jadi migrain kalo ngantuk saya itu saya tahan malah semakin lama akan semakin sakit.sering juga kedutan di wajah.saya juga jadi cuek gampang marah dan emosi ga stabil.apa bisa di katakan gejala ya?

  • siang dok beberapa bulan terakhir ini saya sering mengalami sakit kepala, terasa ada yang menusuk-nusuk kepala saya dan ada yang bererak-gerak terus badan saya panas secara terus-menerus apalagi sesudah bangun tidur daya ingat saya melemah dan konsentarsi menurun begitupula pendengaran saya dan mata saya kadang-kadang mengalamai pembengkakan pada kelopaknya sehingga bernanah kira-kira gejala penyakit apa yang saya alami dok?

  • Dok saya ingin bertanya, jika saya dari sd sudah sering pusing, kepala seperti di tekan keras keras di sebelah kanan dan kiri, leher dan area kepala belakang terasa berat, sering kambuh, sehari bisa 3 kali kambuh tapi bisa sebulan sekali seperti itu, jika saya tidak minum obat warung sakit itu akan terus terusan dan tidak hilang sebelum minum. Badan terasa lemas dan lelah sekali,padahal saya baru kelas 2 smk yang sedang pkl. Daya ingat daya menurun, selagi mereka ngomong ke saya disitu saya mengerti dan hafal apa yg mereka bilang, tapi gak lama saya lupa apa yg dia ucapkan. Pendengaran sata juga menurun, kadang saya harus meminta orang mengulang ucapannya berkali kali. Jika saya selesai olahraga, bukannya badan saya sehat malah saya pusing dok, ada apa ya dok? Apa yang saya alami saat ini dok?

  • Malam dok, setiap hari saya mengalami sakit kepala bahkan bahkan bisa seminggu 4-6 kali dalam seminggu, belakangan ini saya juga sering lupa, mudah lelah sekali padahal tidak terlalu sibuk hanya kuliah dan tugas serta bantu orang tua drmh saja, mudah ngantuk juga padahal tidur cukup, sering merasa lelah dan sakit dipunggung, rambut saya juga rontok bahkan banyak bisa segumpal. Itu termasuk gejala tumor otak bukan ya dok? Mohon dijawab ya dok saya takut sekali, terimakasih:)

  • Malam dok.dok belakangan ini saya gampang marah,melihat apapun mau muntah tapi gak bisa keluar,sering pusing kepala bagian belakang dan bagian kanan,badan cepat capek/lemas,berbicara gak kuat.gitu kenapa dok?
    Mohojawabanya

  • Dok kepala saya terkadang sakit dari punggung leher hingga kepala,terkadang sering ngantuk ketika balek sekolah, kalau bangun dari tidur badan sakit sakit.
    Jadi penyebabnya apa Dokter dan cara menyembuhkannya bagaimana?
    Terima kasih atas perhatiannya.

  • Dok saya mau tanya akhir” ini kepala saya sering pusing sebelah kiri.. hampir tiap hari merasa ngantuk padahal waktu tidur kucup.. emosiku juga gak stabil kadang” gampang marah, cemas.. sakit apa ya dok.

  • Dok saya mau nanya,
    Belakangan ini saya sering mengantuk, memang saya tidur nya sering lewat jam 12 malam, tapi bangun nya jam 9 atau 10 pagi,, makan teratur, penglihatan normal, tapi baru hari ini saya merasa pusing tiba2,, kira2 sakit apa tu ya Dok, apa harus di periksa ke ahli saraf ???
    makasih Dok,
    mohon jawaban nya..

  • Dok akhir akhir ini saya sering sekali pusing, saat saya jongkok dan berdiri lagi itu suka pusing, atau saat saya berbaring dan bangun saya jga suka pusing. Dan Rambut saya juga sering rontok, dan emosi saya tidak stabil,gampang marah gtu. Padahal tekanan darah saya normal, kira kira sakit apa ya dok mhn jawabannya

  • Assalam muaalaikum. Dokter?? Saya mengalami sakit kepala berat, semua badan lemass, sering ngatuk, dan meriang,ter kadang mual, kira kira saya kena penyakit apa pak dokter???

  • Malam dok, saya 42thn dan srg mengalami pingsan smpai skrg sdh brjalan 4 tahun ini biasanya kalo pingsan saya trtidur bisa 30-60 menit. sudah berusaha mengatasi dgn brbagai cara tapi msh saja kambuh rata2 sebulan bisa 2kali, mohon saran dan terima kasih sebelumnya.

  • Dok, saya mau nanya sering sakit kepala yg sangat sakit, dan ketika menengadah terasa pusing dan penglihatan kabur..kira2 gejala penyakit apa itu dok???

  • dok saya ngalamin ngantuk yang berlebih
    pagi pagi saya sudah ngantuk dan males ngapa ngapain malah sering bgt kepala saya pusing dan sakit tapi gak per lebih dok
    itu pengobatan nya bagaimana
    dan apa kah itu awal dari kanker otak ?

  • Dok mau tanya, sya akhir” ini sering ngalamin sakit kepala sampai menyebabkan mata berkunang kunang, rambut memng dri dulu sring rontok tp akhir” ini jumlh kerontokan’a meningkat dri biasa’a, selain itu sya jga merasa slalu ngantuk dan lelah, selain itu terkadang sya jga merasa mual. Kira” apa hrs di periksakan ke dokter? Trimakasih mohon respon’a

  • Dok maaf numpang nanya saya suka sakit kepala tapi itu kambuhnya setiap 1 atau 2 bulan sekali,dengan rasa sakit yg hebat,kalau lg kambuh semua aktifitas serasa salah,dibawa tidur sakit,duduk sakit pokonya ngapa ngapain aja sakit

  • permisi dok.
    saya pria 24th…
    saya sering mengalami pusing kepala berat bahkan berdiripun sampai gemeteran….gejala ini sdh berlangsung sejak kelas 2smk(17th)..bahkan saya sdh melakukan tes darah berulang kali hasilnya normal..
    skrng saya sangat pusing..kalo pusing bisa sampe badan panas dingin.bahkan kdg2 mual…mata panas..
    kira2 saya kena gejala apa ya dok?thx

  • Siang dok ..aq juga gitu sering pusing sekali d.sertai mula .. Mla kdang” mau smaput juga .. Ini kenapa ya dok ?? Apa aku kena langker otak ?? Aku jadi takut

  • Malam dok…saya merasa ada kelainan pada diri saya dok. Ciri cirinya: kepala selalu terasa pusing, terasa berat kepala bagian belakang, leher kaku, terasa lelah, selalu ingin tidur, jantung biasa tiba tiba berdebar, persendian terasa nyeri, sering kesemutan pada (kaki, tangan), perut kumbung(sering tersa sakit bagian bawah pusat, samping kiri), tulang belakang terasa ngilu, nafsu makan berkurang, mual, gelisah saat waktu tidur di malam hari. Sya pernah berobat di ahli dalam katanya batu ginjal, tapi hanya beberapa keluhan saja saya sebutkan dok. Kalo boleh tau semua keluhan yang saya sebutkan diatas itu ciri ciri penyakit apa ya Dok??? Terima kasih…….

  • Siang dok. Dok sya mau nanya. Sya sering merasa sangat ngantuk smpe keluar air mata trus mata jugai perih tp kalo mau di bawa tidur kadang susah tdr nya pdahal hawanya ngantuk bgt trus juga kepala sering pusing kepala bagian belakang terasanya berat bgt trus nyut nyutan gtu dok. Sya juga sering merasa lemes bgt apalg kalo dr abs duduk trus berdiri, abis nunduk trus melihat lurus itu pusing kaya mau jatoh udah gtu lemes bgt. Trus juga sering merasa mual dok kaya mau muntah tp ga bsa keluar muntah nya. Itu knpa ya dok? Trimakasih sblm nya

  • Dok saya sering sakit kepala gampang ngantuk mudah cape jalan seperti org males jalan kalo tidur kadang kejang itu penyakit berbahaya/sekedar sakit kepala biasa dok

  • Dok akhir²ini saya sering pusing, lemes, kadang ngerasa kedinginan, panas dingin, ngantuk mulu, mata suka kedat kedut, pandangan sering kabur, capek, rambut sering rontok aplg klo disisir, trs beberapa kli prnh lupa susah buat mengingat/konsentrasi, itu kira²knpa yah dok??tolong dijawab!?

  • Selamat pagi dok.
    Saya mau bertanya. Badan saya sering kali secara tiba tiba merasa letih. Padahal tidak ada kegiatan yang begitu melelahkan tubuh.
    Kepala bagian belakang sering berdenyut ketika badan terasa lemas.
    Tangan dan kaki saya lebih sering terkena kesemutan.
    Dengan ciri ciri ini harus kan saya periksa ke dokter saraf?

  • Permisi do… Saya mau tanya, saya selalu migran saat berpikir sedikit atau belajar di sekolah.
    Apakah itu awal tumor juga?
    Mohon info nya. 🙂

  • Met sore dok,saya mau crita tntang kluhan yg sya alami hmpir stiap hri ini dok kurang lbih kira2 da 2mingguan.kpala saya sring tiba2 mrasakan skit bngt trutma disaat sya sdng dlm mrasa trtkan n bnyak pkiran.saya jga sring tiba2 mrasa ngantuk dan mata brkedut2 pnglihatan jga kdang buram,bdan saya jga pda trasa skit dok rsa’_y bdan saya tlang’y sprti remuk.tpi sya heran dok disaat kira2 sminggu yg lalu saya dibwa kers dan sya dipriksa darah sya diambil dan dicek.dokter mngatakan klo saya tidak apa2 dan saya hnya kekurangan hb.
    Tpi apa mungkin dok wktu saya msih ank2 saya sring mngalami kekerasan fsik olh alm.kakek saya slah stu’y kpala saya sring dibenturkan ditembok,apa itu ada pngaruh’y dok dg yg skit yg saya rasakan skrg?mhon blasan’y dok,trima ksih.

  • Sekitar 3 harian ini rasa kantuk saya bnr2 berlebihan sekali Cepet lelah juga padahal saya kerjanya Gk begitu berat banyak duduknya, Sy tdr setiap hari 7-8 jam tapi sepanjang hri ngantuknya luar biasa, kepala juga pusing sudah minum obat tapi masih pusing juga.. saya periksa tekanan darah 90, rambut juga rontok bgt
    Blm sempet periksa ke dokter, Kira2 ada kemungkinan terkena kanker atau nggk ya dg gejala seperti itu?

  • Dok,saya ini kl pagi kog ngantuk seperti tak tertahan dan badan rasanya lemas.Terus kl sakit kepala selalu disertai sakit gigi,telinga jg tenggorokan seperti kering.ini gejala sakit apa ya dok.Kepala cenut2,gigi,gusi dan telinga jg.Trims

  • Saya masih 16 tahun, tapi sering ngantuk tanpa sebab, kepala sering berat, bahkan sering lost balance (penglihatan gelap dalam sekejap, terus rasanya mau jatuh, tapi normal lagi selang beberapa detik kemudian)

  • Dok maaf saya mau tanya. Akhir2 ini saya sering pusing di bagian belakang. Kadang mual dan sampai ingin muntah, penglihatan dan pendengran pun berkurang, mengantuk juga dok. Padahal saya tidur sudah cukup. Kerja pun tdk capek juga. Kalau itu termasuk gejala apa ya dok? Mohon jawaban nya ya dok. Trimakasih

  • Saya sering tertidur dimanapun walaupun dlam keadaan yg tidak memungkin misal : saat melakukan aktifitas tiba2 mata ini tertutup dan tertidur parahnya lagi saya tidak bisa mengingat kapan dan kenapa saya bisa tertidur. Terus saya sering merasakan pusing tiba2 . Dan mudah lupa,ceroboh seperti meletakkan kunci dan tidk tau dimana letaknya.

  • Dok saya mau nanya, saya sering sakit kepala, mudah mual, pelupa dan suka tidur. Padahal saya sudah cukup waktu tidurnya, tetapi mudah sekali ngantuk. Bkn itu saja, rambut saya juga ikutan rontok. Ingatan saya makin lama menjadi lemah, padahal umur saya sekarang baru 20 thn. Saya masih kuliah, saya menjadi susah untuk mengingat pelajaran saya, semakin lama daya ingat saya menjadi menurun. Saya mohon jawabannya, terima kasih.

  • Saya mau nanya,saya sering pusing tapi nggak terlalu berlebihan atau sampai pingsan dan rambut saya juga rontok. Saya akan lebih pusing kalau terkena sinar matahari baik itu matahari pagi atau pada saat siang sekalipun. Saya akan langsung lemas dan pusing tapi saya selalu berusaha mengendalikannya dengan beraktivitas sebanyak mungkin sehingga saya bisa lupa akan sakitnya.
    Saya juga sering ngantuk apalagi jam 9 dan jam 1 siang walaupun saya rasa kalau tidur saya itu sudah sangat cukup
    Saya juga lebih sensitif dan mudah emosi tapi saya selalu berusaha menekan emosi saya sehingga saya merasa kadang tertekan dan akan berujung dengan pusing.
    Boleh saya dapat jawaban atas beberapa keluhan saya?
    Trimakasih

    • dok,saya berumur 20 tahun ..selama 4 hari ini kepala saya pusing rasanya melayang layang..kalo saya buat berdiri lama rsanya pngen pingsan,,awal sakit nya dibgian kepala belakang,,rasanya berat sekali.saya sudah minum obat sakit kepala tpi setelah reaksi obat itu hilang..kepala saya sakit lagi,,saya mudah mengantuk,mudah capek padahal saya tidak bekerja yang berat”…kira” penyakit apa yah dok ??