Nasional News

Paling Lama Bikin e-KTP 14 Hari

Paling Lama Bikin e-KTP 14 Hari
ILUSTRASI

*Tidak Adalagi Alasan Stok Blanko Kosong
*Cukup Bawa KK Tak Perlu Pengantar RT/RW

Jakarta – Kemendagri memberi pengumuman mengenai pembuatan e-KTP. Bukan apa-apa, banyak keluhan di daerah mengenai lambatnya pembuatan e-KTP sampai berbulan-bulan. Kemendagri menegaskan, sesuai standar paling lama 14 hari membuat e-KTP.

“Jadi di SOP-nya sampai 14 hari,” jelas Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif, Senin (22/8).

Zudan menyampaikan, e-KTP memang cukup lama sampai 14 hari, tidak bisa sehari jadi.

“Sekarang kami sedang membuat program SEMEDI (Sehari Mesti Jadi) saya kira kita sudah membuat sistem kita, kalau akte lahir, akte kematian, akte pindah penduduk sudah bisa tinggal KTP-el ini, karena kaitannya dengan jaringan, data center. Agar program itu jalan sehari jadi,” jelas dia.

Bagi daerah yang warganya merasa membuat e-KTP masih dipersulit atau lama silakan lapor ke Dukcapil Pusat.

“Di setiap kabupaten, ada pengaduannya. Di websitenya Dukcapil ada WA 450 nomor para kepala dinas, sudah ada nomor onlinenya,” tegas dia.

Zudan Arif mengimbau daerah tak lagi berlama-lama membuat e-KTP. “Dia kemungkinan merekam di kecamatan, data dari kecamatan dikirim ke kabupaten. Yang dari kecamatan ini harus ngambil kan ke kabupaten, jadi atau belum. Mestinya harus akitf kecamatan dan kabupaten, kalau sudah jadi dikirim,” jelasnya.

Salah satu daerah yang banyak mendapat keluhan Kabupaten Bogor dan beberapa daerah lainnya. Namun juga ada daerah yang petugasnya aktif sehingga e-KTP bagi masyarakat bisa cepat jadi dan sampai.

“Contoh Kota Bandung ada sistem delivery, motornya disediakan di dinas untuk ke kecamatan-kecamatan. Terus ada Kota Balikpapan kerjasama dengam kantor pos, KTP-nya dikirim lewat pos. Yang penting dia tanggung jawab. Ini kan kreasi setiap kita masing-masing jadi ada pilihan ada mobil keliling atau deliver naik motor,” tutur dia.

Zudan juga mengimbau agar masyarakat yang belum memiliki e-KTP segera mengurusnya. Datang ke RT, kemudian ke kelurahan untuk surat pengantar, lalu ke kecamatan.

“Bawa KK,” tegas dia.

Stok Blanko Kosong

Bikin e-KTP bila sampai berbulan-bulan itu artinya kinerja birokrasinya tidak benar. Ditegaskan Sekjen Dukcapil Kemendagri I Gede Suratha, saat ini semua daerah sudah tersedia blanko. Jadi bila sampai ada petugas yang memakai alasan blanko kosong itu bohong.

“Tidak ada Blanko kosong sekarang, pernah terjadi pada tahun 2015. Itu karena masalah anggaran waktu itu ya. Anggaran yang belum bisa cair akibat perubahan nomenklatur Kementerian Dalam Negeri, sehingga siapa PPK-nya segala macam jadi terhambat, waktu itu,” jelas Suratha dalam jumpa pers di Jakarta, Senin (22/8).

Bahkan Disdukcapil diminta menjemput bola bagi warga yang tak punya e-KTP. Ini terkait batas akhir September untuk semua pengurusan perbankan hingga BPJS mesti memakai e-KTP.

Lalu bagaimana dengan oknum yang mengaku bisa mempercepat pembuatan e-KTP dengan membayar uang?

“Itu kasus, memang ada kasus seperti itu. Mereka kan kucing-kucingan ya ditanya juga tidak mengaku. Sekarang aturan kita kan men-declare pembuatan KTP Gratis. Kalau ada silahkan laporkan ke Dukcapil Pusat,” jelas Suratha.

Pihak Kemendagri sendiri memberi kemudahan bagi warga yang ingin membuat e-KTP. Tinggal datang ke kecamatan dengan membawa kartu keluarga. Harap catat baik-baik, tidak perlu surat pengantar RT/RW dan juga kelurahan.

“Tidak perlu pengantar RT, RW, cukup bawa kartu keluarga,” jelas Zudan Arif.

Dia juga menyampaikan, warga yang mengurus e-KTP jangan terpancing calo yang memanfaatkan waktu yang lama membuat e-KTP. Calo kerap menawarkan satu hari jadi e-KTP.

“Itu oknum yang harus kita hajar ramai-ramai. Itu kan penyimpangan-penyimpangan. Kalau sistemnya kan semua gratis, jadi tolong diurus sediri. Jangan mau dimainkan calo, mereka mau peluang-peluang bermain di setiap titik,” tegas dia.

“Itu kalau masih ada calo kita akan sanksi keras ke lembaga Dukcapil yang mau dicalo itu,” tutupnya. (dtk)

50 Comments

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Saya dari bandarlampung bikin ektp bulan september kata pns di kec. Jadinya 11 desember. Lalu saya datang 11 des orgnya bilang jadi nya april dengan alasan blanko kosong, jangan salahin saya salahin kemendagri nya kata pns di kec. Lalu saya ke dukcapil ternyata lebih mengejutkan, saya tanya kapan jadi ktp saya , pns bilang bulan juni.

    • Sama kasusnya pak,
      saya cukup terkejut, padahak saya di Lombok tapi KTP saya Padang,
      Sekrang untuk urusan apa-apa KTP saya tidak berlaku
      Kalau ada apa2 di rantau saya juga bingung ini gimana

      Negara yang aneh
      Dengan segala fenomena yang aneh
      Kira2, Bapak yang katanya ingin “melayani rakyat” tahukah apa yang terjadi?

  • “ASSALAMUALAIKUM” …Maaf, bukannya mencela! Tp ini fakta!saya sudah punya e-ktp,saya bikin e-ktp dulu pas masal, tp data/tgl bln thn dan nik nya salah, dan kemarin sktr tgl 05-12-2016, saya ke kecamatan bawang kabupaten Batang.Jateng, saya revisi untuk tgl/bln/thn dan no nik saya yg salah, saya bawa KK asli saya sama e-ktp saya, di situ saya sudah menjelaskan kepada petugas yg bikin e-ktp, dan bla bla bla.. E-ktp dan KK asli saya suruh ninggal, katanya mau di bawa ke kabupaten dulu buat perubahan data, terus saya tanya kapan kira” revisi e-ktp saya jadi? Jawabannya, sekitar sminggu udah jadi!,ntar KLO udah jadi mau di titipin di kelurahan,biar ada yg nganterin kerumah, tp sampai 1minggu belum ada kabar,berhubung saya merantau di Jakarta dan GA bisa pulang, saya minta tolang sama org tua saya buat nanyain ke perangkat desa yg ada di kampung saya, bla bla bla setelah ketemu sama perangkat desa,katanya GA di titipin, akhirnya ibu saya ke kelurahan untuk tanya tentang e-ktp saya….hasilnya tidak ada juga! Akhirnya ibu saya datang ke kecamatan:disitu ibu saya cuma dapat semacam e-KTP sementara doang! Terus KK nya di tanyain GA ada! Kan gila! Yach GA tau itu KK masih di kabupaten atau kecamatan atau nyelip di otak atau dengkul mungkin, Yach akhirnya ibu saya pulang cuman bawa itu yg saya bilang e- KTP sementara itu! Yang saya sendiri belum lihat dan GA tau bentuknya kayak apa? Saya cuma denger via TLP, …dan karena saya pengin cepet dapet e- KTP dan KK asli saya, kemarin klo ga salah tgl:18 / 19-12-2016,saya nyuruh sepupu saya ke kecamatan buat nanyain e- KTP ,KK dan kejelasannya!.. Bla bla bla.. ,katanya sekitar 6bln lagi baru jadi itu e-ktp! ..saya bengong dengar kabar itu! Hahaaaa kog bisa? Malah malah KLO misalkan 6bln lagi e-ktp saya blom jadi,…itu yg ku sebut e-ktp sementara akan di perpanjang lagi masa akttive nya! Saya kan cuma revisi/pembetulan data! Kenapa sampai setengah thn? Cara kerja dan kinerja mereka seperti apa si? Mereka digaji kan dari rakyat! Buktikan KLO 14 hari,1bulan juga GA papa asal jadi! Tolong sampaikan ke semua petugas atau pegawai atau PNS yg di bidang tersebut! Assalamualaikum!

    • saya juga dari batang,dibela-belain hujan hujanan bikin KTP dari bulan september 2016 sampai sekarang belum jadi,malah dapat E-KTP sementara dalam bentuk cetak print pake kertas ukuran folio.gimana bisa di masukin ke dompet.bikin KK 1 bulan baru jadi,itu pun kertasnya pada sobek2.mereka hanya mengumbar janji2 palsu.sekarang saya sudah capek denger kicauan mereka.

  • Apa benar 14 hari wktu max bikin e ktp saya aja bikin november kemren katanya blnco kosong paling april selesainya..saya bengong kok lama amat yaa…? Birokrasi macam apa itu ..yg mana yg bener kalo dr artikel ini bilang blanco nya selalu ada nah kenyataan nya begini ada solusi ga dr tmn2 disini .

    • saya buat ktp bulan february.. dan sampai sekarang belum dapat konfirmasi sudah jadi ke belum,saya di berikan resi pernyataan sebagai bukti bahwa e ktp tengah dalam proses, tapi resi tersebut tidak disertai dengan foto,dan naasnya saya tidak dapat menggunakan resi tersebut.dan beberapa kali di tolak karena tidak ada foto…

  • maaf ya ngomong2 masalah Ktp saya bikin bln 10 bilang e jadi bln 11
    tapi gara2 blakonya lg kosong nunggu sampai bln 4
    macem gmn
    mau bikin Ktp aja nunggu 6 bln jadi
    masak lama banget ?…

  • Maaf mau ikut koment jga nh,,, KTP suami saya hilang lalau saya mengurusnya kembali dri bulan oktober 2016 dijanjikan sama orang kelurahan KTP jdi bulan desember 2016… pas saya nnya ke kelurahan sampai saat ini januari 2017 KTP blum jga jadi dengan alasan blangko kosong….
    Sedangkan KTP penting bnget klo pergi kemana2….

  • maaf ya pak, saya lulusan 2015 ngurus e-ktp dari tahun 2015 dan ngajuin lagi bulan september 2016 sampai skrg kalau saya kesana alesannya blangko kosong terus, pelayanan pns ga ok, hanya mementingkan diri sendiri. saya mau buka rekening bank dan bpjs terhambat karna masalah kecil seperti e-ktp yang notabanenya sangat dibutuhkan, sistem pelayanannya jelek!

  • Aduhhh kalo bhas2_ ktp bawaanya emosi masa 6, 7, 8, 9 bulan bhkn ampe setahun gk jdi, ksian msrakat yg dteng jauh2 pas nyampe ktanya blom jdi mulu, pokoknya udah kya kredit motorlah lama (pemalang kec petarukan

  • Masa sich bs secepat itu untuk semua daerah??? Bukanya itu cuma berlaku bagi warga kota2 besar??? Bagi penduduk di kecamatan kenyataan kok gak seperti itu? Saya sendiri sdh rekam e-ktp lebih dari 2 tahun sampai sekarang blm jd jg? Minggu kemarin ngajuin lagi seminggu kemudian cuma dapat ktp sementara tanpa pemberitahuan maksimal berapa hari,minggu,bulan maupun tahun kapan jadi. Knp buru2 buat himbauan ktp lama sudah tidak berlaku kalau kenyataan di daerah masih dipersulit/pegawainya malas?? Saya di kecamatan BANDAR kabupaten BATANG jawa tengah. silahkan di cek

  • saya mau naya e ktp tu jadi nya tu berpa lama.masa saya bikin bulan september.sampe sekrng belum jdi .kta pegawai kec. buln januari pas saya tanya.belum beres .alasanya belangkonya kosong terus.

  • Saya juga gitu . Dari agustus bilangnya jadi oktober . Oktober sampai bilangnya januari . Kemaren barusan kesana ambil malah belum jadi dan katanya jadinya mei juni . Alasan blangko kosong .
    SEMARANG SELATAN .

  • Sumsel .. Tepat nya daerah kayu agung (OKi) pembuatan E ktp . kk .akte dan lain membutukan waktu berbulan2 . pegawai mintak uang rokok nya itu pun tidak sedikit 200 samapai 400 ..itu pun masih butuh waktu 1 bulan.. Mau ngadu ngadu di mana mas ??

  • sumua sama, di pekalongan juga kok. ini saya nunggu hampir 1 thn belum jadi. memang bawaannya emosi si kalu inget buat e ktp. tp sekarang tak tinggal heppy aja. nanti kalau kt ada apa2 kt pojok kan aja pengurus ektp. kertas tanda terima itu kuat kok buat bukti.
    ntar kalau sdh waktunya darah gua embun2, baru gua akan ngamuk di kantor ntu. ak siap masuk sel, yang penting biar gempar madalah ini.

  • Bohong 14 hari, saya saja sudah 2 bulan belum bisa ambil e-ktp karena belum siap rasa nya kesal sekali, apalagi yg sudah sampai stengah tahun atau setahun, saya sangat penasaran gimana cara kerja mereka, atau cuma makan gaji buta aja mereka!

  • Enakan jaman dulu ktp 10 menit jadi sekarang makin susah katanya serba online alat makin canggih orang makin pintar, kenyataan nyah tambah susah
    .

  • Ktp saya cibubur jakarta timur
    saya perbarui ektp dari bulan september 2016 sampai sekarang februari 2017 belom jadi juga, katanya jadinya 2 bulanan tp ini udah mau masuk maret udah mau 6 bulan belom jadi juga katanya mau di titipin tapi mana??? Engga ada juga di rt/rw cibubur. Masa ngerjain ektp sampe makan waktu berlarut-larut??? Udah setengah tahun lohh!! Mau sampe setahun nunggu? Atau sampe bertahun-tahun??? Tolong peduli sama masyarakat! Kasian masyarakat yg gapegang ktp mau ngapa”in jd susah! Saya mau cairin bpjs ajah susah karna gada e-ktp ! Dicatet ya KTP ITU PENTING !! TOLONG DIPERCEPAT JGN DI PERLAMBAT !

  • Assalamu’alaikum.. Iya bener banget. Dulu waktu sy mau bkin e-ktp gak bisa, alasannya alatnya baru mati. Gak bisa dipake. Yaudah saya bikin yang ktp manual dulu. Bulan oktober 2016 kemaren beredar kalo terakhir pembuatan e-ktp, kalo gak segera bikin bakalan sulit nantinya. Bulan oktober 2016 saya langsung dateng ke kelurahan dan kecamatan buat bkin e-ktp. Katanya bulan 3 minggu sampe 4 minggu baru jadi. Yaudah, sekitar bulan november 2016 saya dateng ke kecamatan buat ambil e-ktp. Disana saya diberitahu kalo jadinya sebulan lagi, lalu saya dikasih semacam ktp sementara pake kertas ukuran folio gitu. Dann sampai sekarang tiap saya tanyakan ke kecamatan alasannya tetep sama. “BLANKO KOSONG”. Saya orang awam, jadi saya tidak tahu seperti apa dan bagaimana urutan kinerja dalam pembuatan e-ktp, KK, akte, dan semacamnya. Jadi tolong, jangan dipersulit lagi dalam pembuatannya. Terimakasih. Wasaalamu’alaikum wr.wb

  • Asalamualaikum ,
    Saya mau tanya beneran gak bikin e-ktp paling lambT 14 hari ,, tapi ko d kelurahan klapanunggal kab.bogor saya bikin ktp udah ampir 5 bulang blum jdi” yah , tiap kali d ditanyain blum jadi mulu , saya bikin e-ktp tanggal 10-10-2016 sampe skarang blum jadi,

  • Ini saya lagii di dik capil baru selesai pemotretan dan pengambilan sidik jari, Pas di tanya selesainya kapan e-ktp nya selesai petugasnya bilang belum tauu kapan jadi e-ktp soalnya blangko masi kosong dari bulan oktober 2016…
    INILAH KINERJA BIROKRASI YANG TIDAK BENAR…
    NGAK TAU SIAPA YANG BOHONG, APAKAH PETUGAS YANG ADA DI CAPIL ATAU PAK SEKJEN DUKCAPIL KEMENDAGRI YANG BOHONG…?

  • Anak sy bikin e-ktp bln september 2016 sampai bln maret 2017 blm jd jg alesannya sm blangko kosong, sampai kpn ni pa mendagri kasus blangko kosong…
    Tolong pa agar masyarakat tidak kecewa apalagi anak sy kan br 17thn butuh untuk buat SIM dan lainnya

  • Apa yg terjadi pada negri ini gustiiiiii…hanya masalah e ktp sajaaa ruwetnyaaaaaa masya alloh..sedangkan birokrasi lain2 spt bank atau apalah ga mau tau tentang ektp yg gak jadi jadi…pak mentri jgn hanya asal ngomong BLANKO KOSONG ITU BOHONG…saya br minggu lalu nanya ke kabupaten bilangnya BLANKO SEINDONESIA KOSONG BROOOO…helloo…sakjane piye to genah e iki masalah ektp.trs py karepe

  • Saya rekam e ktp sejak tahun 2013 waktu saya masih kelas 3 smk (lokasi boja kendal), sekarang saya sudah kuliah semester 6 (3TAHUN) dan e ktp belum jadi juga. Sejak september 2016 sampai dgn februari 2017 saya selalu bolak balik kecamatan-kelurahan setiap tanggal 15. Tapi hasilnya blm keluar juga. ini sangat menyita waktu dan tenaga. kalau e ktp diwajibkan, kenapa harus dibuat berbelitbelit. mohon pelaku pembuatan untk sadar dgn kepentingan rakyat!

    • kok sama persis seperti saya ya, saya pun buat ktp tahun 2014 (kelas 3 smk) lok tasikmalaya, tapi pada saat pengambilan selalu diulur waktu, belum jadi lah, bla bla bla alasannya.
      hingga tahun 2016 kemarin, saya tanya lagi dan kasusnya terbongkar. ktp saya duplikat dengan orang lain. niknya double. aneh, masa foto + sidik jari tidak bisa dibedakan?! kecewa sekali sampai saat ini cuma mengandalkan ktp sementara 🙁

  • Saya ikut comment ni.Saya tinggal di kp nanggela rt 03/03.desa nanggeran.kecamatan tajur halang.kabupaten.bogor.saya bikin e ktp.pertama saya datang sudah pagi pagi datang.info off line saya tanya ke petugas nya kapan sampe brapa off line nya dia bilang gk tau.kapan baru on line nya.saya pulang karna saya harus kerja.1miinggu kemudian saya datang lagi saya tanya pak gmana uda bisa.petugas tersebut menjawab bisa pak.tetapi hanya bisa rekam saja.lalu saya rekam selsai juga.saya dikasih resi ktp sementara.tapi hingga saat ini belum juga jadi e ktp saya.saya urus aplikasi di tolak oleh pihak bang karna resi tersebut tidak berlaku pihak bank minta e ktp asli.tolong pak gubernur bogor atau pak dukcapil bogor tolong di tindak lanjuti jangan menyusahkan warga masyarakat untuk bikin e ktp.pak gubernur sama pak dukcapil.terpilih karna masyarakat bogor percaya bisa mengayomi masyarakat bogor.tapi klu begini.gimana buat ke depan nya.

    • Bogor ga ada gubernur bro..walikota paling tinggi. Gubernurnya jawa barat. Lapor ke walikota aryabima..semoga lancar bro..

  • Comment:
    padahal kita sehari hari perlu bgt ktp
    chek in hotel. bandara. bayar pajak. perpanjang stnk. berobat pake bpjs.pinjam uang di bank yang tidak semua boleh di wakilkan pake identitas lain. nah…sekarang buat ktp dari september 2016 sampai april 2017. belum jadi juga. pemerintahan sinting…..jengkel bgt

  • Saya juga mengalami hal yang sama, kebetulan saya yg terdaftar di jkt pusat dan suami di bogor ingin membuat ktp baru di tempat tinggal kami sekarang, sekaligus bikin kk dan akte lahir bayi saya , sudah sejak awal maret sampai dengan sekarang resi tanda terima ktp saya saja belum diberikan krn belum jadi. Jika resi saja belum ada saya belum bisa lanjut utk membuat akte lahir anak saya serta kk kel kami. Sudah sebulan lebih berlalu padahal. Sedangkan dari awal menyerahkan data saya sudah infokan jika saya dan kel ada rencana keluar pd awal mei nanti. Sampe sekarang belum ada titik terang mengenai semua data tersebut.. sedangkan tgl 4 mei bsk saya dan kel sudah hrs berangkat, paspor pun belum dibuat. Apa memang butuh waktu segitu lamanya bahkan hanya hanya utk mengeluarkan resi? Yang disampai kan oleh RW saya proses jadi terhambat karena blanko kosong dan keruwetan urusan pilkada. Saya agak kecewa krn saya bahkan tdk mendptkan jawaban ketika menanyakan hal tsb ke RW saya. Saat ini saya khawatir tdk bisa berangkat dan semua akomodasi yg sudah dikeluarkan hangus.

  • Apa gunanya sistem online ya… klo proses tidak bisa cepat. Proses perekaman data saja berbulan-bulan tidak terbaca di server pusat. Terus ngirim datanya kaya apa sih… apa perlu paket data 1gb/ second?….. belum lagi ulah koruptor bejat pengkhianat rakyat dan negara, blangko aja jadi tersendat-sendat, menambah lebih lama proses ektp

  • Saya urus pembuatan ektp di kabupaten Malang dari februari 2017 dan sampai sekarang belum jadi dengan alasan “blanko kosong”
    Padahal apa-apa butuh KTP yaa..

  • Bener bos, adik saya bkin e-ktp udh 6blan brlum jadi jg. Sya jg bkin e-ktp cm dikasih surat pngantar doang, pdhal ktp lama sya udah koit 5blan yg lalu. Klo gk bsa cepat jgan ssumbar di depan media bpak” yg terhormat

  • Ikutan curhat,saya dari kendal bikin ektp dari bulan desember 2016,sampai sekarang bulan juli 2017 kok belom jadi ya??ada ap dg pemerintahan indonesia semakin lama bukannya semakin maju,tapi malah semakin hancur.jgn ngomong 14 hari jadi,,,,mana buktinya
    Apa masih kurang rakyat kecil seperti saya ini di peras hbis hbisan.klo ad ap ap yg di tanya pasti ktp,mau buat ap ap pun pasti ktp.
    Tolong pemerintahan bela rakyat kecil,kami rakyat indonesia bukan orang asing,jadi penuhi hak hak kami sebagai warga indonesia,sampai sekarang mau lamar pekerjaan pun susah tanpa ktp.Klo begini apa yg bikin ektp mau bertanggung jawab,mau kasih makan kami.
    Kami orang kecil,tapi punya hak
    Tapi Klo hak dan harga diri kami begini terus akan hancur reputasi berikutnya
    Ingat
    Semut yg kecilpun bila di injak dia akan gigit
    Aplgi kami ini manusia
    Dan ingatlah,kesabaran itu ada batasnya
    Makasih saya dari kendal
    Sangat sangat kecewa dan kecewa atas pembuatan ektp

  • Emg parah nih pekerja-pekerja kelurahan,saya dr desember 2016 smpai juli 2017 masa iya blkm slsai jg tuh KTP..saya cek via online udh terdaftar,tpi tiap kali mau ambil psti aja berbagai alasan yg saya terima..

  • Saya bikin e-KTP udh 1thn tapi gak jadi2
    Katanya penting
    Tapi kaya gini
    Sekarang jadi susah kita mau bikin rekening pembayaran pajak

  • Ya di daerah saya juga lama membuat E ktp saya kemaren bikin bulan desember 26 2016 sampe sekarang belom jadi kelurahan cileungsi