Kombinasikan IQ EQ SQ dalam Bekerja

0
176
I Harya Sumarta
I Harya Sumarta

Bekerja di rumah sakit tidak hanya memgandalkan kecerdasan otak semata, melainkan harus pintar menguasai dan menyinambungkan antara IQ, EQ dan SQ.

Demikian diungkapkan Kasubag Perencanaan, Komunikasi dan Informasi Management Rumah Sakit Budi Rahayu Pekalongan, I Harya Sumarta.

Bagi pria asli Yogyakarta tersebut, tidak hanya kecerdasan saja yang harus dimiliki para pegawai yang bekerja di rumah sakit terutama untuk pegawai rumah sakit Budi Rahayu Pekalongan, melainkan juga harus pandai mengontrol meosional dan menumbuhkan spiritual quotationnya.

“Mau nggak mau memang harus menguasai tiga hal tersebut, karena bekerja di rumah sakit memiliki culture yang berbeda dengan lingkungan kerja lain. Di rumah sakit emosional seseorang (pasien) sangatlah labil. Situasi tersebut dikarenakan perasaan pasien ataupun keluarga pasien yang sedang mengalami perasaan sedih, kekhawatiran, pilu bahkan duka jadi mereka akan sangat mudah terbawa suasana. Nah disitulah peran pegawai rumah sakit untuk bisa memberikan spirit tambahan melalui pelayanan yang baik, ramah dan tulus. Semakin baik bisa melayani pasien sebanyak mungkin. Agar mereka merasa seakan saudaranya, agar mereka merasa nyaman, tidak takut,” tutur pria yang menyukai keyboard dan vokal sebagai hobinya.

Untuk itulah pria kelahiran Sleman itu sangat mengedepankan terhadap para pegawainya untuk ramah terhadap semua orang baik pasien, keluarga pasien bahkan tamu siappun yang datang. “Apapun dan siappun yang kamu temui adalah gurumu. Termasuk mahluk hidup selain manusia,” tegas mantan jurnalis yang pernah mengampu pendidikan psikolog itu. (fqn)

Penulis: M Furqon Firman Syah | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY