Jateng

Pencipta Asli Lagu ‘Sayang’ Somasi Via Vallen

pencipta-asli-lagu-sayang-somasi-via-vallen
HAK CIPTA – Anton Obama menunjukkan bukti album yang membawakan lagu ‘Sayang’ ciptaannya, kemarin.
FOTO: EKO WAHYU BUDIYANTO/JPNN

UNGARAN – Merasa sudah dirugikan oleh salah satu stasiun TV nasional, pencipta lagu dangdut Anton Obama (50), akan melayangkan somasi kepada stasiun TV tersebut. Hal itu dikatakan Anton jumpa pers di salah satu hotel di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Minggu (9/10).

Pasalnya dalam program ajang pencarian bakat penyanyi dangdut pada stasiun TV tersebut lagu berjudul ‘Sayang’ miliknya ditulis sebagai lagu ciptaan Via Vallen.

Dalam keterangannya, Anton mengklaim sebagai pencipta asli lirik lagu tersebut. “Bagi saya aneh. Hal itu terlalu berani ngeklaim karya orang lain sebagai karyanya,” kata anton di depan awak media.

Pasca tayangan program pencarian bakat tersebut, Anton segera menunjuk kuasa hukum untuk menyelesaikan masalah pencurian hak cipta lagunya. Somasi lantas dilayangkan ke pihak stasiun TV.

Dikatakan Anton, stasiun TV yang lekat dengan beragam segmen pencarian bakat itu merespon positif. Bahkan mereka mengaku siap melakukan investigasi dan memberi keputusan secepatnya.

Jika keputusan nanti tidak berpihak padanya, Anton dan kuasa hukum telah menyiapkan langkah berikutnya. “Kami akan melayangkan somasi ke artis dangdut asal Surabaya Via Vallen. Dia telah menyalahi aturan penulisan lirik,” jelas Anton yang berprofesi sebagai pengusaha kayu ini.

Dijelaskannya, selain Via Vallen, lagu Sayang juga pernah diklaim oleh Band Hip Hop dangdut asal Jogja. Namun persoalan itu selesai dengan cepat karena pihak managemen Band Hip Hop tersebut segera meminta maaf.

“Dengan gentle mereka meminta maaf telah mendaur ulang dan mengkomersilkan lagu saya,” tambah seniman kelahiran Surakarta itu. Anton mengaku ada perasaan resah yang menginspirasi dirinya sehingga terciptanya lagu itu.

“Saya buat lagu ini sekitar tahun 2006 karena patah hati,” katanya. Awal mula lagu tersebut menyebar luas adalah ide dari Toni, salah satu rekan musisi dangdut yang pernah satu grup dengan Anton di Band OBAMA (Oriental Band Mandarin).

“Saya minta ijin untuk memainkan dan memproduksi lagu Om Anton di studio. Saya gandeng teman penyayi, Dhyen untuk membawakan lagu itu,” kata Toni yang juga menjadi tim somasi dalam kesempatan tersebut. (muz)

55 Comments

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

      • cuma?
        nada dari mulai sampai bubar persis, sampai pas bagian penutup “percoyo opo pepujamu, cinta kita tetap abadi” persis karo penutupe mirae, jelas2 plagiat masih dibela, manusia jaman now

    • Ini lagu jepang judulnya mirai. Bikin malu aja orang indonesia cm bs jadi plagiat dan bangga!!!!
      Statementnya ngeri “Anton mengklaim sebagai pencipta asli lirik lagu tersebut. “Bagi saya aneh. Hal itu terlalu berani ngeklaim karya orang lain sebagai karyanya,” kata anton di depan awak media”
      Pencipta lirik gak berarti sebagai pemilik lagu. MIKIR…!!!

  • Itu lagu bukan murni ciptaan dia, gimana lagu kiroro mirai?
    Beda lirik, kalo yang dipake kiroro mirai bahasa jepang kalo yang ngaku ngaku pake bahasa Indonesia.
    Ntar disomasi orang jepang gimana?

  • Itu bukan lagu kiroro mirae, hanya nadanya aja sama tapi artinya berbeda, kalo kiroro mirae artinya ibu. Tolong kalo belom tau jngn so tauu, kalo emang bener lagu sayang itu ciptaannya bang Anton, apa kalian ngga malu?? Semua itu bisa terjadi

    • mengubah, mengedit dengan menambahkan dan mengurangi bagian tertentu dari sebuah karaya seni menjadi karya yang seolah olah baru adalah plagiarsm, Coba buka kamus KBBI. Bukan berarti hanya dengan mengubah lirik lagu lama menjadi lagu baru yang unique. Misal mengubah lagu Indonesia raya, menjadi rock tanpa mengubah syair itu juga plagiarsm, mengubah syair tanpa mengubah nada itu juga plagiarsm. Apa ga malu?

    • Apaan lu blg mirae artinya ibu, artinya harapan,
      Lu sok sokan itu jelas reffnya sama nadanya sama ending lagunya cuma itu pake bahasa jawa karna dia patah hati

    • Hi bro uh cerdas. Yg namanya lagu itu adalah irama dari nada2 nya. Itu yg dijiplak ya udah plagiat meskipun sudah diganti liriknya. Anda nih yg buta akan hukum perlindungan hak cipta (copy right). Batas plagiat adakah 8 bar nah, ini se lagu dijiplak di ganti aja liriknya. Jadi ini yg g tau, yg bodoh siapa?

  • Berbagae cara d lakukan untuk menjatuhkan yg lagi d puncak karir__bsa jadi itu ltu cpta,an anda tapi ltu lgu d bawakan VIA VALLEN ( dipopulerkan ) (lain dciptakan ) bkan hhhhhhhh ad” aj nich orang jngan lah iri dengan orang yg memulai karir dari ( 0 ) dari tenar d kalangan pecinta dangdut kolpo & skrang terkenal karena stasiun TV yg sejatinya tdak sombong & sangat ramah_ kurang aqua kon iku pakde

  • Ngaca Woyy,, Itu lagu juga jiplak Kiroro Mirae ,, Saya Sebagai VyanisTy Jelas gx Terima, Via Vallen Gx merasa Menciptakan Lagu itu, Lagu itupun di kembangkan oleh via vallen, ANJING LHO PAK

  • Bukane lagune njenengan itu jiplak lagu jepang ya nadanya mas ?
    Kenapa anda mengklaim sebagai musik + ciptaanmu sendiri mas?
    Seharusnya dirimu intropeksi diri mas ANTON OBAMA

  • lagu tersebut ada berbagai macam versi. Ada yg lagu mandarin juga. Judulnya Hou lai. Yg dimaksud pencipta disini mungkin beliau menciptakan Lirik lagunya. Sama halnya dengan pencipta lagu Hou lai yg menciptakan lirik dengan komposisi lagu kiroro mirae.

  • Terciptanya sebuah lagu karena ada Melodi dan Lirik. Kalo cuma nulis lirik doang yah penulisannya Lirik Oleh, bukan Ciptaan. Sertakan juga melodi asli lagu tersebut.

  • Mirai e kan mengisahkan tentang kasih sayang seorang ibu kepada anaknya dan menuntun hingga tumbuh dewasa,,lha ini cinta ??? Pak pak gak malu apa ya sampean ?

  • Comment: Weeehhh sekarang somasi terkenal yaaaa…
    Dan apa karena hal ini, sekarang ada lagu Kiroro-Mirai e yang di dangdut in?? kekeke

    Mirai e [未来へ], menuju masa depan. Like it!!! ^^

    lagu ‘sayang’ ini, dari pertama keli denger, langsung inget sama Kiroro… Jika ini sampai terdengar ke telinga orang Jepang, akan bagaimana yaaa… hmm…

  • Yg buli sok pinter, bicara aja masih salah udah menghujat orang, banyak lagu india di ganti lirik india lo gx protes biar tenar sana.

  • Saya gatau dangdut. Tp ga sengaja dengar lagu sayang langsung mikir ini lagu kiroro mirae. Emang sih liriknya beda bgt tapi nadanya sama banget bukan sekedar mirip -_- ini bukan bully tapi hanya sekedar info. Kalau memang udah izin ke jepangnya yowes

  • Anton Obama sudah izin belum sama pencipta aslinya? … Ingat hanya 2 bait notasi yang sama saja bisa diperkarakan kok, apalagi ini hampir semua notasi sama … kalo lirik mahhh … anak kecil pengamen jalanan juga pinter ..

  • Mirai e menceritakan kasih sayag ibu dan penyesalan seorang anak yg menghiraukannya, kenapa mirai e artinya jadi ibu mirai kn masa depan, untung gak ada wibu yg baca komen :v

  • ..
    ..

    Mirip lagunya duo KIRORO, Chiharu Tamashiro (vocal) & Ayano Kinjo (keyboard) . judulnya MIRAI E.
    Itu mah dari tahun 1- oktober – 1998 udah ada. Albumnya Nagai Aida.
    ..
    Mulai ngetren di indonesia mulai 2004.

  • Teman2, itu yg di klaim om anton liriknya, bukan nadanya, mungkin dia niru/pernah denger lagu jepangnya, cm brani yg dipersoalkan saat ini adalah kata-katanya, ya mungkin iya x ya kata2 om anton itu x yg buat

  • Klu menurut saya,,, ke dua orang tersebut gk tau diri, via vallen dan anton obama. Bahwa ke 2 orang tersebut telah nyata menjiplak lagu asal jepang. Berkreasi Itu yg baik, harus timbul dari kita sendiri, jgn asal njiplak dong….. ke dua orang tersebut sangat memalukan dunia permusikan indonesia.

  • kadang geli ya…. lagu asli mana ehhh dia nge klaim lagu ciptaan nya…. kalo lirik emang ciptaan nya.. tapi NADA ga mungkin lah…. coba dengerin LAGU Mandarin Judul nya HOU LAI – Rene Liu dan Kiroro Mirae – Jepang… nah kalo itu saya bingung yang asli yang mana … soalnya sama2 lagu lama.

  • Emg mungkin pencipta lirik. Tapi plagiat musik nya. Masak bisa sama banget. Cuman di dangdut”in aja tu mah musik nya. Dari pertama denger mah aku udah tau. Karena udh tau duluan lagu jepang nya dari pada lagu ini.

  • orang jelas beda kok lagu kororo mirae ama sayang,,,kalo lu nyimak mah,,hargain dong karya orang lain,,jangan cuma bisanya ngatain doang,,lu aja blom tentu bisa bikin lagu

  • Lu ngash semasa ke orang kalau itu karya lu…lu gk merasa ya kalau lagu itu duluan keluar di Jepang…lu yang Jiplak…untung aja org jepang gk bkin somasi ke lu.