Kendal News

Infrastruktur Digencarkan 2017

Kerusakan Jalan
PARAH – Salah satu kerusakan jalan terparah terlihat ada di ruas jalan utama Desa Tunggulsari, Kecamatan Brangsong, sepanjang kurang lebih dua kilometer.
MUHAMMAD ARIF PRAYOGA

KENDAL – Pembangunan infrastruktur, khususnya bagi jalan-jalan rusak, akan digencarkan untuk diperbaiki Pemkab Kendal pada tahun 2017 nanti. Pembangunan infrastruktur ini telah sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021 Kabupaten Kendal, yakni tahun 2017 fokus pada pembangunan infrastruktur dan pelayanan publik yang prima, dengan tagline Kendal Berkhidmat. Kondisi jalan rusak di Kendal sendiri cukup memprihatinkan, lebih dari 300 Kilometer termasuk rusak. Sementara total panjang jalan di Kabupaten Kendal mencapai sekitar 770 Kilometer.

Bupati Kendal, Mirna Annisa, mengatakan, pembangunan infrastruktur baik jalan maupun jembatan sangat dibutuhkan masyarakat, guna kelancaran kegiatan perekonomian dan peningkatan kesejahteraan. Guna mempercepat pembangunan infrastruktur, Pemkab berusaha meminta bantuan ke Pemerintah Pusat maupun Pemprov Jateng, agar proses pengerjaan lebih ringan. Dari APBD Kendal Tahun 2017, khusus untuk infrastruktur dianggarkan lebih dari Rp200 Miliar. Nilai itu dinilai sudah maksimal, karena kebutuhan untuk perbaikan mencapai lebih dari Rp1 Triliun.

“Plafon anggaran untuk pembangunan infrastruktur dan untuk pengadaan fasillitas pelayanan publik mendapat porsi yang paling besar di tahun 2017 mendatang, yakni mencapai Rp200 Miliar lebih. Tentunya kami menggunakan skala prioritas, bagi jalanyang rusak parah akan dilakukan perbaikan,” ujarnya.

Dikatakan, terdapat beberapa proyek perbaikan jalan yang sudah disetujui oleh Pemerintah Pusat dan mudah-mudahan hal itu bisa menjadi realisasi dari keinginan masyarakat selama ini tentang perbaikan jalan rusak. Saat pelaksanaan perbaikan jalan, pengguna jalan dan masyarakat sekitar saat dimungkinkan terganggu kenyamanannya. Namun, semua ini demi kepentingan masyarakat Kendal di masa mendatang, sehingga mereka diminta untuk dapat bersabar.

“Kami mohon maaf kalau masyarakat nanti akan sedikit terganggu atau kurang nyaman dengan adanya perbaikan jalan. Mudah-mudahan bisa dipahami, jika pembangunan jalan dilaksanakan juga untuk kepentingan masyarakat di masa mendatang,” ucapnya. (yog)

Penulis: M. Arif Prayoga & Redaktur: Widodo Lukito

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *