6 Perusahaan Akan Dianugerahi CSR Award

0
82

KENDAL – Sebanyak 6 perusahaan terbaik di Kabupaten Kendal, yang melaksanakan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) atau Tanggungjawab Sosial Perusahaan (TSP) kepada masyarakat, akan mendapatkan penghargaan khusus dari Pemkab Kendal berupa CSR Award. Perusahaan-perusahaan ini diberikan formulir, sebagai daftar untuk pendataan kegiatan CSR yang telah mereka laksanakan.

Ketua Tim CSR Award, Moh Toha ST MSi, mengatakan, pemberian formulir untuk acuan sebagai bahan penilaian secara administratif kegiatan CSR yang telah dilaksanakan. Tim juga dimungkinkan melakukan pengecekan, dengan menghadiri secara langsung kegiatan CSR yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan tersebut.

“Selain data secara administratif, penilaian juga akan dilakukan dengan pengecekan di lapangan secara langsung oleh tim penilai. Pemberian CSR Award dilakukan oleh Pemkab Kendal, sebagai wujud terima kasih atas bantuan dari perusahaan-perusahaan tersebut, karena bersedia berkontribusi dalam kegiatan pembangunan di masyarakat. Ini juga bisa berarti bahwa mereka turut membantu atau mendukung program-program Pemkab, untuk menyejahterakan masyarakat di Kabupaten Kendal,” ujarnya.

Menurut Toha, pihaknya akan kesulitan melakukan penilaian, bila perusahaan-perusahaan tersebut tidak mengisi dan mengembalikan formulir yang telah diserahkan. Hingga kini, dari 70 perusahaan yang diberikan formulir tersebut, baru ada 30 perusahaan saja yang telah mengembalikannya.

“Bisa jadi, sebenarnya ada perusahaan yang pantas untuk mendapatkan penghargaan ini di luar 30 perusahaan tersebut. Namun, karena tidak mengembalikan formulir maka kami tidak mengetahuinya, akibat minim pengetahuan data kegiatan perusahaan tersebut.

Penilaian juga akan dilakukan dengan memperhatikan seberapa sering kegiatan CSR dilaksanakan, dalam bentuk apa saja bantuan tersebut diberikan, dan besarnya anggaran yang dikeluarkan perusahaan tersebut untuk program CSR-nya,” pungkasnya.

Terpisah, Asisten Pemerintahan Setda Kendal, Winarno SH MM, mengungkapkan, pemberian CSR Award tersebut akan dilaksanakan pada saat malam pergantian tahun baru nanti. Bersamaan dengan pengumuman pemenang Bupati Kendal Award Tahun 2016, penghargaan Kelompok Berprestasi, dan Anak Kendal Bertalenta.

“Pengumuman pemenang akan dilakukan di tiga lokasi perayaan tahun baru yang digelar di Kabupaten Kendal. Perayaan itu sendiri memiliki filosofi agar masyarakat di Kota Beribadat, bersyukur atas rejeki dan kebahagiaan yang telah diperoleh di tahun 2016 ini. Selain itu, dalam rangka pemerataan pertumbuhan ekonomi masyarakat, khususnya di bidang perdagangan dan jasa, di sekitar lokasi perayaan tahun baru. Mudah-mudahan pelaksanaan perayaan tahun baru nanti, dapat berlangsung dengan aman dan terkendali, sehingga situasi di Kabupaten Kendal bisa tetap kondusif,” paparnya. (yog)

Penulis: M. Arif Prayoga & Redaktur: Widodo Lukito

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY