Konsleting, Rumah Warga Terbakar

0
115
Kebakaran
HANGUS – Rumah milik pasangan suami istri Abdur Rokhim dan Siti Nuriyah di Desa Tambakrejo RT3/2, Kecamatan Patebon, terbakar Senin (9/1) siang.
MUHAMMAD ARIF PRAYOGA

KENDAL – Sebuah bangunan rumah milik pasangan suami istri Abdur Rokhim dan Siti Nuriyah di Desa Tambakrejo RT3/2, Kecamatan Patebon, terbakar sekira pukul 11.00 WIB, Senin (9/1). Kebakaran terjadi diduga akibat konsleting listrik. Walaupun merusak hampir keseluruhan rumah, kebakaran tersebut tidak sampai memakan korban jiwa karena pada saat kebakaran tak ada seorang pun yang berada di rumah. Warga sekitar yang melihat kejadian hanya mampu menyelamatkan barang-barang di kios milik korban, yang berada terpisah di bagian depan rumah.

Tetangga korban kebakaran, Muntari, mengatakan, dirinya baru mengetahui rumah tersebut terbakar saat api sudah membumbung tinggi hingga mengepulkan asap tebal. Padahal, rumahnya tepat berada di samping kanan Abdur Rokhim. Dirinya bersama warga kemudian berusaha menyelamatkan kiosnya yang telah meluluh lantahkan sebagian besar isi rumah tersebut.

“Saya dengar ada orang teriak kebakaran, langsung keluar ternyata apinya telah membesar. Saya ikut teriak memanggil warga lainnya karena pemilik rumah juga masih kerja sehingga tidak ada orang di dalamnya,” ujarnya.

Menurut Muntari, warga pun sempat kesulitan menyelamatkan barang-barang pemilik rumah, karena keadaan rumah tersebut terkunci rapat. Api pun sudah melahap sebagian besar rumah karena warga hanya sempat memberikan pertolongan seadanya. Sementara itu, petugas pemadam kebakaran yang menerjunkan dua mobil damkar, baru datang di lokasi beberapa waktu kemudian. Keadaan rumah sudah hangus karena api menyala sangat besar.

“Paling tidak, tadi ada sekitar setengah jam lebih, untuk dapat memadamkan api tersebut,” paparnya.

Terpisah, Kapolsek Patebon, AKP Munasir mengatakan penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan lebih lanjut, walaupun sempat ada dugaan jika hal itu disebabkan karena konsleting. Sedangkan untuk kerugian, juga masih dalam perhitungan dinas terkait. “Saat ini petugas masih meyelidiki penyebab kebakaran yang sebenarnya. Ini karena pemilik rumah  ditunggu hingga pukul 13.00 WIB belum juga kunjung pulang ke rumah. Sementara untuk barang-barang di kios depan rumah korban, sudah sempat dipindahkan oleh warga setempat ke lokasi aman,” katanya. (yog)

Penulis: M. Arif Prayoga & Redaktur: Widodo Lukito

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY