Kajen

190 Anak SD Tanam Puluhan Pohon

Anak SD Tanam Pohon
TANAM POHON – Sebanyak 190 siswa-siswi SD Muhammadiyah Paesan melakukan kegiatan sosial ‘Menanam Sejuta Pohon’.
MUHAMMAD HADIYAN

Sebanyak 190 siswa-siswi SD Muhammadiyah Paesan, melakukan kegiatan sosial ‘Menanam Sejuta Pohon’ di Area Alun-alun Gemek, Kecamatan Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan, kemarin (11/1). Kegiatan yang bertujuan untuk mendidik kesadaran lingkungan kepada para siswa ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Indonesia yang jatuh pada 10 Januari 2017.

Kepala SD Muhammadiyah Paesan, Kedungwuni, Abdul Basit Amin SPdI, mengatakan, kegiatan ini diikuti 190 siswa-siswi dari kelas 4 dan kelas 5. Tiga jenis pohon yang ditanam di antaranya, pohon glodokan tiang, pohon tanjung dan pohon ketapang kencana.

“Ada puluhan pohon yang kita tanam. Pengadaan pohon ini murni berasal dari sekolah. Ini termasuk pembelajaran di luar kelas yang sudah menjadi agenda setiap semester di SD Muhammadiyah Paesan,” jelas Basit di sela-sela acara penanaman pohon, kemarin.

Kegiatan yang dilakukan setiap semester itu diharapkan dapat membentuk karakter anak didik agar memiliki keinginan berbuat baik terhadap lingkungan. Diungkapkan, pembelajaran di luar kelas ini membuat para siswa antusias. Selain belajar, hal ini juga mengajarkan kepada para siswa untuk dapat berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

“Ini salah satu upaya kami untuk memberikan praktik pembelajaran langsung yang diaplikasikan di luar kelas. Harapannya, semoga kegiatan ini dapat menginspirasi sekolah-sekolah lain. Karena belajar itu pada intinya untuk melakukan kebaikan,” kata Basit.

Sekretaris Kecamatan Kedungwuni, Maryoto, yang hadir dalam acara tersebut, mengapresiasi program yang dilaksanakan SD tersebut untuk mendidik kesadaran para siswa terhadap lingkungan. Menurutnya, kegiatan ini patut dicontoh oleh sekolah lain. Sebab, program semacam itu dapat meminimalisir kondisi polusi yang semakin tinggi akibat perilaku manusia dan pemanasan global saat ini.

“Kalau semakin banyak hutan kota, maka emisi dapat dikurangi. Ini patut dicontoh. Kesadaran lingkungan itu perlu ditanamkan sejak dini,” terang Maryoto. (yan)

Penulis: M. Hadiyan & Redaktur: Widodo Lukito

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Suzuki Yulina September 2017
Web - Honda_Efa September 2017