Kajen

Empat Remaja Curi Sepada, Ditangkap Saat Jual Sepeda Curian

Maling Sepeda
DITANGKAP MASSA – Empat remaja tertangkap basah sedang menjual sepeda ontel hasil curian. Dua dari tiga pelaku masih berstatus pelajar.
TRIYONO

BOJONG – Empat remaja warga Desa Bukur Kecamatan Bojong ditangkap warga saat kepergok menjual sepeda curian, kemarin. Keempat remaja yang dua diantaranya masih berstatus pelajar SMP dan SMA ini sebelumnya sukses mencuri sepeda milik Suroso (51) warga Dusun II Desa Pantianom, Kecamatan Bojong ketika ditinggal di tepi jalan persawahan setempat.

Keempat pelaku masing-masing berinisial D (16), K (15) yang berstatus buruh, sedangkan dua bocah pelajar IF (16) dan AP (12). Kini mereka diamankan di Polres Pekalongan.

Informasi yang diperoleh, peristiwa bermula ketika korban sekira pukul 13.00 menaruh sepeda ontel di tepi jalan dekat sawahnya dengan tidak dilengkapi kunci pengaman roda.

Sekira pukul 14.00, korban yang hendak pulang ke rumah kaget karena tidak mendapati sepeda ontel yang sebelumnya ditaruh di lokasi.

Mengetahui hal tersebut korban memberitahukan kepada Heri yang tak jauh dari lokasi.

Mereka kemudian berniat untuk mencari sepeda tak jauh dari lokasi dengan berkeliling.

Setelah mencari kemana-mana, akhirnya korban mendapati sepeda miliknya sedang ditawarkan untuk dijual oleh D dan K kepada Sulala (49) warga Dukuh Genteong Wetan Desa Kalijambe Sragi.

Karena mengetahui sepeda ada di tempat tersebut, korban langsung mendekati. Setelah mengetahui hendak dijual oleh pelaku, akhirnya korban langsung berteriak maling-maling. Para pelaku mengetahui yang datang pemilik sepeda berusaha kabur. Namun sial mereka berhasil ditangkap warga sekitar.

Adanya kejadian itu, para pelaku sempat dibawa ke Balai Desa setempat untuk menghindari amuk massa. Petugas yang mendapat informasi langsung mendatangi lokasi dan mengamankan empat pelaku untuk selanjutnya digelandang ke Mapolres Pekalongan karena para pelaku masih dibawah umur. Mereka diamankan bersama barang bukti berupa satu unit sepeda ontel RRT, sepeda motor Blade G-3784-RK dan sepeda motor Supra B-6517-UKH yang digunakan para pelaku untuk melancarkan aksinya.

Kasubbag Humas Polres Pekalongan AKP Aries Tri Hartanto menegaskan bahwa empat pelaku pencurian masih dibawah umur, makanya mereka ditangani oleh Unit PPA Satreslrim Polres Pekalongan.

“Keempat pelaku kini masih menjalani proses penyidikan lebih lanjut,” katanya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatanya kini keempat pelaku dikenakan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan ancaman kurungan penjara maksimal lima tahun. “Kami mengimbau kepada masyarakat ketika meninggalkan sepeda ontel atau motor di area persawahan agar dikunci, selain itu taruhlah sepeda yang mudah dijangkau dan tak jauh dari pengawasan,” imbaunya. (yon)

Penulis: Triyono & Redaktur: Widodo Lukito

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *