Bawono Gantikan Tatang sebagai Ka Rutan Pekalongan

0
252
Ka Rutan Pekalongan
Bawono Ika Sutomo resmi menjabat sebagai Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIA Pekalongan menggantikan pejabat yang lama, Tatang Suherman, Rabu (11/1).

KOTA PEKALONGAN – Bawono Ika Sutomo resmi menjabat sebagai Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIA Pekalongan menggantikan pejabat yang lama, Tatang Suherman, Rabu (11/1).

Upacara serah terima jabatan dan pisah sambut Ka Rutan Klas IIA Pekalongan telah dilaksanakan di rutan setempat, kemarin, dipimpin Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kementrian Hukum dan HAM Provinsi Jawa Tengah, Djhoni Priyatno.

Tatang Suherman, yang sebelumnya telah menjabat Ka Rutan Klas IIA Pekalongan sejak tahun 2013 hingga 2017, atau sekitar 3 tahun 8 bulan, kini menjabat sebagai Kabid Administrasi dan Keamanan Ketertiban di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas I Makassar.

Sedangkan Bawono Ika Sutomo, sebelumnya menjabat sebagai Kasi Intelijen Wilayah II Direktorat Keamanan dan Ketertiban Ditjen Pemasyarakatan Pusat.

Tatang mengatakan, banyak kesan yang ia rasakan selama menjabat sebagai Ka Rutan Klas IIA Pekalongan. Dirinya merasa nyaman selama menempati jabatannya itu. “Saya bekerja di sini merasa nyaman. Sebab, pegawainya mudah diatur, warga binaan mudah diatur. Kita gampang berkomunikasi, bersinergi dengan instansi penegak hukum maupun aparat terkait,” ungkap Tatang.

Dia pun menuturkan banyak hal yang terjadi selama bertugas di Rutan Klas IIA Pekalongan. Salah satunya, dia telah punya tiga ‘cucu’ yang lahir di dalam rutan.

“Selama saya bertugas di sini, kita sudah sedikitnya lima kali bekerja sama dengan BNN, baik tingkat Kota, BNN Provinsi, Dinas Kesehatan, maupun Kemenkumham wilayah. Alhamdulillah, selama saya bertugas, kita lakukan mapping dan pemeriksaan narkoba, semuanya negatif baik itu warga binaan maupun pegawai,” imbuhnya.

Sementara itu, Ka Rutan Klas IIA Pekalongan yang baru, Bawono Ika Sutomo, mengaku terkesan dengan sambutan Rutan Klas IIA Pekalongan yang menurutnya sangat baik. Dia berharap jalinan kerja sama dengan seluruh pihak yang telah terjalin sebelumnya, terus dilanjutkan.

Dia juga mengaku butuh bantuan jajarannya maupun seluruh warga binaan agar bisa melaksanakan tugas dengan baik. “Bantuan kerjasama, juga saya mintakan kepada seluruh jajaran struktural di Rutan Klas IIA Pekalongan, termasuk kepada warga binaan. Sebab dalam membangun organisasi memerlukan kebersamaan,” ujarnya.

Bawono sendiri sebelumnya pernah meniti karir di Rutan Denpasar, selanjutnya bertugas di Rutan Salemba, Rutan Cipinang, Lapas Bekasa, Kasi Investigasi di Ditjen Pemasyarakatan, dan terakhir sebagai Kasi Intelijen di Ditjen Pemasyarakatan.

Walikota Pekalongan HA Alf Arslan Djunaid yang turut hadir pada sertijab tersebut, mengharapkan kerja sama yang baik yang telah terjalin antara Pemkot Pekalongan dengan Rutan Klas IIA Pekalongan bisa diteruskan.

“Kepada Pak Tatang (Ka Rutan yang lama, red) yang sudah menjadi warga kehormatan Kota Pekalongan selama 3 tahun 8 bulan, semoga tidak lupa dengan Kota Pekalongan. Karakter masyarakat Pekalongan selalu guyub, brayan urip, jadi kita harapkan kepada pejabat yang baru agar terus ada sinergi dengan Pemkot Pekalongan,” jelas Alex.

Hadir dalam acara sertijab dan pisah sambut itu, sejumlah perwakilan Forkompinda Kota dan Kabupaten Pekalongan, TNI/Polri, BNN, serta perwakilan dinas dan instansi lainnya. (way)

Penulis: Wahyu Hidayat & Redaktur: Abdurrahman

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY