Disdikbud Tak Jadi Pindahkan Aset

0
195
Dinas Pendidikan
TIDAK ALIHKAN – Disdikbud Kabupaten sementara tidak akan mengalihkan semua asetnya pindah kantor ke gedung Disnakertrans Kendal.
NUR KHOLID MS

KENDAL – Lembaga organisasi perangkat daerah (OPD) yang sebelumnya bernama Dinas Pendidikan (Disdik) Kendal yang kini resmi berubah nama menjadi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kendal dalam menjalankan berbagai aktivitas kinerjanya masih tetap menggunakan gedung Disdikbud dan tidak akan melakukan pengalihan asetnya ke kantor Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kendal.

Hal itu dibenarkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kendal, Drs Agus Rifai MPd, kemarin. Kata dia, lembaga ODP yang dipimpinnya tetap menggunakan gedung Disdikbud Kendal yang dulunya masih bernama Disdik Kendal.

“Pertimbanganya bukan karena aset dokumen yang ada di dinas ini banyak. Kalau soal dokumen yang banyak itu mudah kita pindahkan. Ada pertimbangan mendasar yang menjadikan kami untuk sementara masih bertahan dan tetap menggunakan gedung Disdidikbud ini untuk melakukan berbagai aktivitas kerja,” kata Agus Rifai, didampingi Kabid Pendidikan SMP pada Disdikbud Kendal Sri Bagus Darmoyo.

Agus Rifai mengungkapkan, hal mendasar yang menjadi pertimbangan tidak akan melakukan pengalihan aset Disdikbud ke gedung Disnakertrans Kendal adanya sentra dapodik yang terhubung dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Karena sentra dapodik di Disdik Kendal merupakan server yang berisikan berbagai input data dari berbagai lembaga pendidikan baik tingkat dasar, pertama dan menengah yang langsung interkoneksitas dengan pusat.

“Saat ini tidak mungkin kami melakukan pembongkaran sentra dapodik dalam waktu cepat, disitu ada banyak kabel terpendam yang terhubung ke server tempat penyimpanan data-data yang langsung terhubung ke pusat. Kami butuh waktu cukup lama untuk melakukan pemindahan aset sentra dapodik itu. Ini yang jadi pertimbangannya kenapa untuk sementara belum bisa pindah kantor ke gedung Disnakertrans Kendal,” ungkap dia.

Agus Rifai menyatakan, saat ini pihaknya masih melakukan berbagai penataan menyesuaikan dengan berubahnya nama Disdik menjadi Disdikbud.

“Salah satunya nanti seperti penggantian papan nama SOTK dari Disdik Kabupaten Kendal menjadi Disdikbud Kabupaten Kendal,” terang dia. (nur)

Penulis: Nur Kholid MS & Redaktur: Widodo Lukito

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY