Kendal News

Bantuan Keluarga Sangat Miskin Cair, Validasi 1 dan 2 Tahun 2016

Bantuan Keluarga Sangat Miskin
ANTRI AMBIL – Ratusan KSM dari 16 desa di Kecamatan Gemuh antri ambil bantuan PKH validasi tahun 2016 di Kantor Pos Gemuh.
NUR KHOLID MS

KENDAL –  Program Keluarga Harapan (PKH) tahap IV validasi tahun 2016 yang merupakan program Kementerian Sosial (Kemensos) bagi keluarga sangat miskin (KSM) di Kabupaten Kendal cair. Pencairannya dilakukan melalui kantor pos.

Hal itu seperti terlihat di Kantor Pos Kecamatan Gemuh, Rabu (11/1). Tampak ratusan warga miskin berjubel mengantri mendapatkan bantuan dari program keluarga harapan tersebut.

Koordinator PKH Kecamatan Gemuh, M Syifau’rrahman SE, mengatakan, ratusan keluarga sangat miskin dari berbagai desa di Kecamatan Gemuh mendapatkan bantuan PKH tahap IV validasi 1 dan 2 tahun 2016.

“Pengambilannya bantuan PKH itu dibagi tiga waktu. Sebelumnya bagi KSM yang tervalidasi dan berhak atas bantuan itu sudah disosialisikan melalui kecamatan kapan waktu melakukan pengambilanya di Kantor Pos Gemuh,” kata dia.

M Syifau’rrahman mengungkapkan, sebanyak 340 KSM dari 16 desa di Kecamatan Gemuh mendapatkan bantuan PKH tahap IV validasi 2016. Yakni, Desa Gemuhblanten sebanyak 10 KSM, Gebang (20 KSM), Krompakan (9 KSM), Tamangede (15 KSM), Sedayu (7 KSM), Pamriyan (6 KSM) dan Cepokomulyo (43 KSM). Kemudian, Tlahap ( 15 KSM), Johorejo (20 KSM), Pucangrejo (28 KSM), Jenarsari (19 KSM), Poncorejo (23 KSM), Lumansari (13 KSM), Galih (11 KSM), Triharjo (31 KSM) dan Sojomerto (70 KSM).

“Pengambilan bantuan PKH untuk KSM sesuai jadwal masing-masing desanya. Terbagi tiga waktu, ada jatah ambilnya pukul 07.30-09.00 dan pukul 09.00-10.00 serta pukul 10.00-11.00 WIB,” terang dia.

Sementara Kepala Seksi (Kasi) Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Gemuh Drs Anton Munajat mengatakan, pogram PKH adalah program perlindungan sosial yang memberikan bantuan uang tunai kepada KSM dengan syarat dapat memenuhi kewajiban terkait pendidikan dan kesehatan. Tujuannya mengurangi beban KSM dan diharapkan dapat memutus mata rantai kemiskinan antar-generasi, sehingga generasi berikutnya dapat keluar dari kemiskinan. Program ini dikenal sebagai program bantuan tunai bersyarat.

“Persyaratan itu berupa kehadiran di fasilitas pendidikan dalam hal ini pada anak usia sekolah dan kehadiran di fasilitas kesehatan untuk anak balita dan ibu hamil,” ujar dia.

Anton Munajat menambahkan, dalam bantuan PKH tahap IV validasi tahun 2016 ini, khusus untuk KSM-KSM yang ada di 16 desa di Kecamatan Gemuh besaran seluruh uang (BSU) mencapai sebesar Rp 92.529.800. Dalam hal ini penerimaan setiap desa yang ada KSM nya dengan desa yang lainya tidak akan sama dalam menerima BSU nya.

“Misal Desa Gemuhblanten dengan jumlah KSM 10 total BSU nya sebesar Rp 2.587.900. Ini berbeda dengan Desa Cepokomulyo yang ada 43 KSM akan dapat BSU total sebesar Rp 11.705.600,” pungkas dia. (nur)

Penulis: Nur Kholid MS & Redaktur: Widodo Lukito

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *