Batang

Awal Tahun yang Menguras Energi, Pimpinan OPD Baru Diminta Bergerak Cepat

BATANG – Penyesuaian Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru yang secara resmi diberlakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang per 3 Januari lalu dinilai cukup menguras energi jajaran birokrasi. Karena itu, mengingat kegiatan Tahun 2017 sudah menunggu dilaksanakan, segenap pimpinan OPD diminta bergerak cepat.

“Diakui atau tidak, penyesuaian OPD baru ini cukup menguras waktu dan energi. Satu sisi mereka harus beradaptasi, di sisi lain harus ancang-ancang melaksanakan kegiatan di 2017. Dua hal ini sama-sama harus dilakukan dengan cepat,” pesan Wakil Bupati Batang, H Soetadi SH MM, Rabu (11/1), di kantornya.

Dia berharap, proses  penyesuaian dan konsolidasi internal yang dilakukan setiap OPD tidak memakan waktu lama. Sebab, pekerjaan tahun 2017 sudah menunggu untuk dilaksanakan. “Kalau selama Januari ini fokus untuk konsolidasi, maka bulan kedua sudah harus on the track. Kendala tentu saja ada, terutama kewajiban menyelesaikan seluruh administrasi keuangan atau SPj tahun 2016,” terang Soetadi.

Karena itu, pimpinan OPD harus mampu mengatur waktu secara baik, sehingga persiapan pelaksanaan kegiatan 2017 tidak terbengkalai. Pertama, segera menyiapkan organisasi pengelola kegiatan beserta personelnya untuk dimintakan Surat Keputusan (SK) Bupati, sehingga kegiatan bisa segera dilaksanakan. Terutama untuk jenis kegiatan pengadaan barang dan jasa.

Kedua, pimpinan OPD juga diminta menyusun roadmap kegiatan untuk satu tahun, mulai Januari sampai Desember mendatang. Tanpa kecuali, lanjut Wabup, seluruh kegiatan harus masuk dalam roadmap lengkap dengan distribusi tugas dan tanggung jawabnya.  Ketiga, setiap kegiatan juga perlu disiapkan SOP (standar operasional prosedur –red) nya.

“Prinsipnya, pimpinan OPD beserta jajaran aparaturnya harus bergerak cepat agar pelaksananaan kegiatan di tahun 2017 tidak terlambat. Secara khusus, kami meminta kegiatan konstruksi dengan item yang rumit untuk diprioritaskan persiapannya, sehingga penyelesaiannya tidak harus mentok akhir tahun,” jelas Wabup yang sejak lama memutuskan cukup satu periode itu.

Seperti diketahui, pengisian jabatan dalam rangka penyesuaian OPD baru di Kabupaten Batang resmi dilaksanakan 3 Januari lalu. Menyusul terjadinya bongkar pasang struktur organisasi tata kerja (SOTK), segenap pimpinan OPD beserta jajarannya saat ini masih disibukan dengan aktivitas penyesuaian dan konsolidasi, dari mulai pindah kantor dan using-usung perlengkapan kerja, sampai staf meeting.

“Berbeda dengan kami (Bupati dan wakil bupati) yang temporer, periodik, insya Allah jajaran birokrasi sudah terbiasa dengan penyesuaian-penyesuaian akibat perubahan aturan perundang-undangan. Maka kami tetap optimis bahwa OPD baru ini bisa secepatnya ancang-ancang melaksanakan kegiatan tahun berjalan,” ujar Wabup mengakhiri. (sef)

Penulis: Akhmad Saefudin & Redaktur: Dony Widyo

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *