Kesehatan

Ini yang Terjadi Pada Tubuh Ketika Lagi Hujan-hujanan

www.reckontalk.com
www.reckontalk.com

Kalau buat anak-anak, musim hujan itu jadi arena bermain yang seru. Makanya nggak sedikit anak-anak yang malah lari-larian diluar pas lagi hujan deras. Biasanya pasca main hujan-hujanan diluar, kondisi tubuh langsung drop dan rentan kena pilek atau demam. Sebenernya demam atau pilek akibat hujan-hujanan itu bukan karena serangan virus Lho.

1. Demam Akibat Hujan Terjadi Suhu Air Hujan yang Terlalu Dingin

sayogand.blogspot.com
sayogand.blogspot.com

Banyak yang sudah paham kalau main hujan-hujanan bisa bikin sakit flu, pusing yang disertai demam tinggi. Penyebabnya, air hujan ini ternyata memiliki suhu yang terlalu dingin. Suhu yang tinggi ini kontras sama suhu tubuh kita yang cenderung hangat. Akibatnya sistem kekebalan tubuh langsung menurun. Guyuran air hujan yang dingin secara tiba-tiba juga bisa membuat pembuluh darah di area hidung dan tenggorokan mengalami penyempitan. Ini yang membuat tubuh jadi rentan mengalami pilek dan batuk. Selain itu perubahan suhu mendadak juga bisa bikin kepala pusing.

2. Mitosnya Gerimis Itu Bikin Lebih Cepat Meriang Daripada Hujan Lebat

http://thealternative.in
http://thealternative.in

Sebenernya mitos ini memang beneran dan bisa dijelaskan secara medis kok. Gerimis itu membawa sifat asam yang lebih tinggi karena diturunkan setetes demi setetes. Sementara kalau hujan lebat, sifat asamnya menyebar karena diturunkan kayak siraman air. Makanya orang yang kena hujan gerimis itu lebih cepat sakit daripada orang yang kena hujan deras. Kalau sudah terlanjur kena hujan gerimis, segera basahi kepala sama air hangat supaya tubuh nggak mudah sakit.

3. Hujan Pertama Setelah Kemarau Panjang Berbahaya Buat Tubuh

metro.tempo.co
metro.tempo.co

Hujan pertama kalinya setelah kemarau panjang ternyata nggak baik buat kesehatan. Soalnya banyak zat berbahaya pada atmosfer yang ikut terbawa dengan air hujan pertama. Kalau kita hujan-hujanan, banyak partikel berbahaya kayak logam dan polutan yang bisa kena tubuh kita. Akibatnya sistem kekebalan tubuh jadi menurun drastis dan bikin mudah sakit.

4. Air Hujan Bukan Ide Bagus Untuk diminum

 blog.nwf.org
blog.nwf.org

Walaupun kelihatannya nggak berbahaya, tapi sebaiknya jangan minum air hujan. Apalagi air hujan bukan air murni dan banyak mengandung bakteri. Selain itu berbagai macam zat berbahaya yang turun bersamaan dengan air hujan bisa menyebabkan masalah pada mulut dan saluran pencernaan.

Kalau sudah terlanjur kehujanan, segera keringkan tubuh dan mandi dengan air hangat. Yang nggak kalah pentingnya, gunakan sabun untuk membersihkan kuman-kuman atau kotoran yang menempel di tubuh.

Biasanya setelah hujan-hujanan, suhu tubuh jadi lebih rendah daripada suhu lingkungan sekitar. Normalnya suhu tubuh kita itu antara 36-37 derajat celcius. Kalau sampai kurang dari 35 derajat celcius, bisa rentan kena serangan penyakit. Makanaya kalau habis hujan-hujanan, penting untuk menghangatkan tubuh dengan makanan atau minuman hangat. (Dira Elita)