Nasdem Rekrut Bacaleg Awal

0
88

Meski pemilu legislatif masih dua tahun lagi, namun DPD Nasdem Kabupaten Kendal secara resmi mulai membuka pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) pemilu 2019. Pendaftaran dilakukan secara resmi hingga dua bulan ke depan.

“Kami mengambil start lebih awal agar siapapun boleh mendaftar menjadi caleg dari Partai Nasdem,” kata Agus Imam Setiyanto, saat launching pendaftaran caleg di kantor DPD Partai Nasdem, kemarin.

Menurut Agus, start lebih awal ditempuh untuk mengantisipasi ketentuan dalam RUU Pemilu yang isinya akan mewajibkan para caleg harus sudah menjadi anggota parpol minimal satu tahun.

“Draft RUU Pemilu salah satu poinnya yang dibahas adalah ketentuan seorang caleg harus sudah menjadi anggota parpol selama satu tahun,” terang dia.

Dengan demikian, melalui pendaftaran yang dilakukan lebih awal ketentuan tersebut otomatis akan terpenuhi. Karena, setelah seseorang mendaftar sebagai caleg, otomatis ia akan mendapatkan Kartu Tanda Anggota(KTA) Partai Nasdem.

Selain itu, yang terpenting dalam proses pendaftaran tersebut  adalah tidak adanya mahar bagi para caleg.

“Target kami untuk pendaftar sebesar 200 persen dari jumlah kursi yang diperebutkan. Hanya saja, bacaleg yang kami rekrut 80 persen dari internal partai dan 20 persen dari luar partai,” tukas dia.

Selanjutnya, dari para pendaftar tersebut akan diberikan pembekalan dan kaderisasi. Setelah itu, awal 2018, pihak Nasdem akan melakukan survey  terhadap para pendaftar yang telah ada.

Survey ini dilakukan untuk mengetahui popularitas dan elektabilitas para pendaftar. Dan nantinya, yang menduduki ranking tertinggi, mereka akan didaftarkan ke KPU.

Dengan kondisi ini, Agus optimis bahwa target untuk mendongkrak perolehan suara parta Nasdem pada pemilu 2019 mendatang akan tercapai. (nur)

Penulis: Nur Kholid MS & Redaktur: Widodo Lukito

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY