Kalau Pelantikan Besok, Pemkab Siap

0
70
Konpers Hari Jadi
PENJELASAN – Plt Bupati Batang, Nasikhin, memberikan penjelasan terkait rangkaian peringatan HUT Batang ke-51, kemarin, didampingi Asisten III Ripyono, Kabag Tapem Ulul Azmi, dan Kabag Humas Triossy.
AKHMAD SAEFUDIN

Transisi, Prosesi HUT Tak Terganggu

Momentum peringatan Hari Jadi Kabupaten Batang ke-51 tahun ini bakal berlangsung dalam suasana transisi kepemimpinan daerah. Terlebih, jadwal pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih sampai saat ini masih belum ada kepastian dari pusat.

Plt Bupati Batang, Drs H Nasikhin MH, mengatakan, sesuai wacana yang berkembang di Kemendagri, jadwal pelantikan diprediksi pelaksanaannya antara Bulan April sampai Mei nanti, terutama bagi daerah yang sedang tidak dalam sengketa pilkada di Mahkamah Konstitusi (MK). Artinya, pelantikan itu tidak harus menunggu akhir masa jabatan (AMJ) terakhir dari bupati/walikota peserta pilkada 2017.

“Tetapi ini masih wacana, karena sampai saat ini kepastiannya belum ada,” ungkapnya saat menggelar Konferensi Pers terkait Hari Jadi Kabupaten Batang, Selasa (4/4), di ruang konpers Bagian Humas Setda.

Meski demikian, lanjut Nasikhin, seluruh tahapan yang dibutuhkan untuk mendukung proses pelantikan bupati/wakil bupati terpilih itu sudah dilakukan oleh Pemkab Batang. Sidang Paripurna Istimewa pengumuman AMJ Bupati dan Wabup 2012-2017 serta pengumuman bupati/wakil bupati terpilih sudah laksanakan. Berkas-berkasnya pun sudah diusulkan ke Kemendagri, bahkan Batang jadi daerah pertama yang melengkapi dan mengirimkan berkas tersebut.

“Seragam, sepatu, dan kelengkapan lainnya juga sudah disiapkan Bagian Tapem. Jadi, kalau pelantikan digelar besok sekalipun insya Allah Pemkab sudah siap,” ucapnya.

Pemkab juga memastikan rangkaian kegiatan peringatan HUT Batang tahun ini tak akan terganggu meski masih dalam masa transisi. Sebab, hari jadi adalah momentum penting bagi seluruh entitas di tlatah Batang, untuk bersyukur, bermuhasabah, dan memperbaharui semangat.

“Bersyukur karena Kabupaten Batang telah dan masih berdiri hingga kini, sehingga memanfaati masyarakatnya. Bermuhasabah, mengintrospeksi diri, apa yang sudah kita dapatkan dari Batang semestinya juga kembali ke Batang, payback, bisa dengan membelanjakan di Batang atau memberi manfaat untuk masyarakat Batang. Dan pada akhirnya meningkatkan semangat masyarakat untuk mewujudkan Batang yang maju, sejahtera dan beradab,” jelas Nasikhin didampingi Asisten III Drs Ripyono MSi, Kabag Tapem Ulul Azmi AP MM, dan Kabag Humas Triossy Juniarto.

Di HUT ke-51 ini, Pemkab mengangkat tema membangun kebersamaan menuju Batang maju, sejahtera dan beradab. Ada tiga kegiatan utama yang akan dilaksanakan seperti tahun-tahun sebelumnya, yakni ziarah leluhur,  upacara hari jadi, dan kegiatan pendukung yang melibatkan masyarakat.

“Insya Allah, hiburan-hiburan edukatif seperti sebelumnya tetap bisa dinikmati masyarakat, termasuk festival kesenian maupun parade budaya nanti. tema kebersamaan sengaja kita usung, karena tanpa itu Batang tak akan maju,” ujarnya. (sef)

Penulis: Akhmad Saefudin & Redaktur: Dony Widyo

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY