Tanpa Bimbel, SDN Kenconorejo 01 Tembus OSN Provinsi

0
852
SDN Kenconorejo 01
BERSAMA – Gladyola SN Putri, Juara 2 OSN IPA Kabupaten Batang didampingi Kepala dan Guru SDN Kenconorejo 01
NOVIA ROCHMAWATI / RADAR PEKALONGAN

TULIS – Ada kutipan yang mengatakan hasil tidak akan pernah mengkhianati proses. Artinya jika sudah melakukan usaha maksimal maka hasilnya akan maksimal. Kutipan itulah yang menggambarkan perjuangan Gladyola Shikofa Nafika Putri. Siswi kelas 5 SDN Kenconorejo 01 Tulis ini merupakan juara 2 Olimpiade Sains Nasional (OSN) Kabupaten Batang 2017.

Pada awalnya, siswi yang kerap disapa Gladyola ini sempat tidak masuk kualifikasi OSN Kabupaten Batang karena hanya meraih juara 3 di tingkat kecamatan. Namun ketika peraturan berubah, ia masuk kualifikasi malah mampu menjadi juara 2 di tingkat kabupaten. Kesuksesannya ini bisa dibilang tanpa embel-embel lembaga bimbingan belajar, pasalnya Gladyola hanya mendapat pembinaan rutin di sekolah dan orang tuanya.

“Awalnya di tingkat kecamatan kami hampir putus asa. Karena dulu Gladyola hanya jadi juara 3, dan yang berhak mewakili hanya juara 1 dan 2. Namun ketika peraturannya berubah dan juara 3 bisa mewakili kami sangat senang sekali. Dan kami bisa mengharumkan nama UPTD Tulis di Kabupaten dengan meraih juara 2,” terang Kepala SDN Kenconorejo 01, Siti Khuyaemi SPd Msi didampingi guru pembina OSN Ririn Setiyowati SPd.

Dijelaskan, persiapan OSN di sekolahnya memang tidak instan. Karena peserta telah dibina dan diseleksi dari setahun sebelumnya. Setidaknya seminggu sekali setelah pulang sekolah mereka mendapatkan pembinaan. Dan sudah tiga tahun berturut-turut selalu mengirimkan perwakilan ke OSN Kabupaten hingga Provinsi.

“Alhamdulillah ini memang berkat anak didik dan guru yan kompak. Selain itu memang guru pendampingnya telaten. Jadi saya dukung juga kegiatan untuk menunjang anak didik, baik OSN, LCC dan lainnya. Dan untuk Gladyola ini memang dari orang tua juga mendukung. Ibunya juga memang pintar dan lulusan UGM juga, jadi sering membina juga di rumah,” cetusnya.

Pihaknya berharap langkah Gladyola tidak berhenti di 105 besar peserta OSN provinsi. Sehingga bisa mengharumkan nama sekolah dan Kabupaten Batang di jenjang OSN yang lebih tinggi. (ap5)

Penulis: Novia Rochmawati | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY