Kajen

Peringati Hari TB Sedunia

Hari TB Sedunia
PERINGATI TB – Kader TB dari Komunitas TB-HIV Care Aisyiyah Kabupaten Pekalongan menggelar peringatan Tuberkulosis Sedunia.
TRIYONO

Kader Tuberkulosis (TB) dari Komunitas TB-HIV Care Aisyiyah Kabupaten Pekalongan menggelar peringatan Tuberkulosis Sedunia di Gedung Dakwah Muhammadiyah Kajen, kemarin. Kegiatan diisi dengan talk show testimoni tuberkulosis dalam rangka peringatan hari TB sedunia.

Komunitas TB-HIV Care Aisyiyah menjadi mitra Global Fun ATM sejak tahun 2003 dan sampai akhir tahun 2017. Jika hasilnya sesuai target, maka akan diperpanjang kembali masa kerja samanya. Pimpinan Daerah Aisyiyah Pekalongan sendiri telah menjadi sub-Sub recipient (SSR) sejak tahun 2014, dan menerima dana langsung untuk mulai melakukan penjaringan pasien tuberkulosis dan HIV.

Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Kabupaten Pekalongan Rumainur dalam sambutannya mengatakan, Aisyiyah Kabupaten Pekalongan telah menjadi salah satu SSR dari Global Fund ATM sejak tahun 2014 hingga nanti akhir tahun 2017, dan memiliki capaian target 1000 suspek TB-HIV.

“Meski terasa berat karena harus bisa mencapai target tapi karena kami sudah cinta dalam pelaksanaan TB-HIV Care maka apapun akan kami lakukan agara program SSR di Kabupaten Pekalongan tetal berlanjut,” terangnya.

Dikatakan, SSR Kabupaten Pekalongan menaungi 11 wilayah program di Kabupaten Pekalongan yang menjadi sasaran target suspek TB-HIV dengan bantuan 72 kader yang tersebar merata pada 11 wilayah program. Berdasarkan hasil pengumpulan data sampai saat ini target telah tercapai sebanyak 60% dan masih mempunyai pekerjaan rumah 40% target yang harus dicapai lagi sampai akhor tahun 2017 ini.

Diakui, penanggulangan penyakit menular tuberkulosis taklepas dari peran kebijakan pemerintah yakni pada ketersediaan obat anti tuberkulosis dan penyertaan dalam program kerja pada dinas kesehatan.

Sementara Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi, dalam kesempatan itu menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Pekalongan sangat terbantu dengan adanya tim SSR Aisyiyah Kabupaten ekalongan dalam penanggulangan TB-HIV di Kabupaten Pekalongan. Semoga dapat tercapai apa yang menjadi target dari tim SSR Aisyiyah Kabupaten Pekalongan, maka dalam rangka memudahkan kinerja Aisyiyah Pemerintah Kabupaten Pekalongan berencana akan memberikan bantuan mobil pada Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Pekalongan. (*)

 

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *