4 Pejabat Daftar Calon Sekda

0
117
Kabid Pengembangan Kompetensi dan Karir pada Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP), Dian Ari Nugroho
Kabid Pengembangan Kompetensi dan Karir pada Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP), Dian Ari Nugroho

KENDAL – Hingga saat ini ada empat pejabat di lingkungan Kabupaten Kendal yang mendaftarkan diri mengisi kekosongan Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama eselon II atau Sekda. Empat pejabat yang telah melakukan proses pendaftaran tersebut tiga pejabat struktural dan satu pejabat fungsional.

Kabid Pengembangan Kompetensi dan Karir pada Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP), Dian Ari Nugroho, mengatakan, pihaknya telah mengirimkan surat pemberitahuan ke 35 Kabupaten/Kota yang ada di Jateng serta Pemprov Jateng, beberapa pekan menjelang pembukaan pendaftaran ini.

“Sudah ada yang mendaftar yakni empat orang pejabat dari golongan IV B. Namun kami belum berani menyebutkan nama-nama calon tersebut karena saat ini masih dalam proses pendaftaran dan belum sampai pada pemenuhan berkas-berkas administrasi,” ujarnya.

Menurut Dian, pendaftaran dilakukan secara online sejak 4 April hingga 26 April mendatang atau 15 hari kerja, melalui website Simpeg.kendalkab.go.id. Tahapan seleksi, diawali dengan seleksi administrasi, pengumuman hasil seleksi hasil administrasi, tes kesehatan, uji gagasan tertulis dan penulisan makalah, uji kompetensi dan pelaksanaan assessment, wawancara, dan penelusuran rekam jejak calon, yang akan dilakukan oleh Panitia Seleksi (Pansel).

“Sementara pemenuhan kelengkapan berkas administrasi calon akan dibatasi hingga 27 April nanti. Sedangkan 28 April baru akan diumumkan calon Sekda Kendal yang mengikuti proses seleksi,” paparnya.

Adapun penetapan hasil penilaian atau seleksi, dan pelaporan ke Pejabat Pembina Kepegawaian akan dilakukan pada 24 Mei mendatang. Tiga calon terbaik akan dikoordinasikan oleh Pansel kepada Gubernur Jateng, untuk mendapatkan proses persetujuan dalam kurun waktu 7 hari kerja. “Sebelum disetujui, terlebih dahulu akan ada proses klarifikasi ke Pansel terkait hasil tes, proses, dan kompetensi dari tiga calon yang diajukan tersebut,” ucapnya.

Terpisah, Kepala BKPP Kabupaten Kendal, Haerudi Sukamto mengungkapkan jika seleksi dilakukan sepenuhnya oleh Pansel yang terdiri atas unsur wakil Pemprov, Akademisi, dan profesional pakar. Dikatakan, calon pendaftar boleh berasal dari luar Kabupaten Kendal, yakni ASN dengan pangkat atau golongan ruang Pembina Tingkat I (IV/b). “Bupati tidak ikut campur dalam proses seleksi ini karena kompetensi tersebut dilakukan sepenuhnya oleh Pansel,” tuturnya. (yog)

Penulis: M. Arif Prayoga & Redaktur: Widodo Lukito

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY