Tak Terkover BPJS

0
68
Panti Asuhan
TERKOVER – Hampir semua penghuni panti asuhan di Kabupaten Kendal tidak terkover kartu BPJS kesehatan.
NUR KHOLID MS

Hampir semua penghuni panti asuhan di Kabupaten Kendal tidak terkover  kartu BPJS kesehatan. Sementara kartu sakti lainya ada yang sudah mendapatkannya. Seperti Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Pengasuh Panti Asuhan Darul Hadlonah Desa Jambearum, Kecamatan Patebon Kendal,  Ziyadah mengatakan, penghuni panti asuhannya ada sebanyak 40 anak, namun semuanya tidak punya kartu BPJS kesehatan. Selama ini jika ada anak sakit dibawa pengurus panti berobat ke dokter yang selama ini konsen membantu panti asuhan segi pengobatan penghuni panti.

“Selama ini kalau ada  anak panti yang sakit dibawa ke dokter dan tidak dipungut biaya. Sebab dokter yang sudah ditunjuk sudah ada kerjasama dengan yayasan panti asuhan, namun demikian bukan berarti anak mempunyai kartu BPJS kesehatan, kalau masuk di rumah sakit tetap membayar,” kata dia, kemarin.

Kepala dinas Sosial Kabupaten Kendal, Kun Cahyadi mengatakan, selama ini semua  anak panti asuhan mendapatkan kartu Jamkesda, sehingga tidak harus punya kartu BPJS kesehatan. Untuk jamkesda, kata dia, di-backup dari Provinsi, karena  domain panti asuhan ada pada wilayahnya Provinsi Jawa Tengah.

“Misal, kalau ada yang belum tercover kartui Jamkesda, maka pengurusnya harus mengajukan ke dinsos,” ungkap dia. (nur)

Penulis: Nur Kholid MS & Redaktur: Widodo Lukito

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY