Jateng

Kurikulum Pendidikan Anak Sering Membebani

Kurikulum Pendidikan Anak Sering Membebani
SAMPAIKAN PAPARAN – Psikolog kondang Kak Seto saat jadi pembicara seminar yang digelar BEM Fakultas Psikologi Unissula, Kamis (20/4).
BAGUS PANJI/JATENG POS

SEMARANG – Anda, sekarang tercatat sebagai mahasiswi. Kelak juga akan jadi orangtua, maka perlu belajar dari sekarang bagaimana cara merawat anak dengan baik dan penurut. Merawat anak harus dengan kasih sayang, didasari penuh cinta kasih tulus dan ikhlas, jangan sekadar merawat anak supaya diam dan tidak nakal. “Semua anak pada dasarnya cerdas, lalu bagaimana agar anak punya perasaan bisa menghargai orangtuanya? Sering kita jumpai banyak anak berani dengan orangtua sejak kecil tidak dididik dengan penuh cinta kasih,” ujar Psikolog Anak yang juga Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak Indonesia, Dr Seto Mulyadi SPsi MPsi di hadapan mahasiswa psikologi Unissula, Kamis (20/4).

Dalam seminar yang digelar BEM Fakultas Psikologi Unissula bertemakan “Child Psychology and Islamic Parenting” dan dibuka Dekan Psikologi Inhastuti Sugiasih SPsi MPsi, pria yang akrab dipanggil Kak Seto ini mengatakan, banyak anak di usianya yang mestinya masih suka bermain, menyanyi dan melakukan aktivitas menyenangkan di rumah. Harusnya orangtua juga mengajarkan menyanyi atau mengajak bermain di rumah. “Akhirnya, saat memasuki masa sekolah TK /SD, banyak anak yang dibebani dengan sekolah dengan jadwal padat, pekerjaan rumah, dan les-les. Dampaknya tak sedikit anak yang phobia sekolah dan trauma,” jelasnya.

Menurut, sistem kurikulum pendidikan di Indonesia diakui sangat padat dan membebani anak. Oleh karena itu, seharusnya anak-anak harus mendapat kasih sayang pada usia balita.

“Orangtua menerima anak dengan apa adanya,” ucapnya.

Terpisah, Rachmy Diana SPsi, Dosen Psikologi UIN Kalijaga Yogyakarta menilai, pendidikan anak yang baik melingkupi tiga aspek, yakni di keluarga, sekolah dan masyarakat. (gus)

 

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Suzuki Yulina September 2017
Web - Honda_Efa September 2017