Jateng

Bangkitkan Jepangnya Indonesia

Bangkitkan Jepangnya Indonesia
FGD – Dr Ir Elisa Kusrini MT CPIM CSCP menjabarkan materi dalam FGD di Gedung Rektorat UPS, Rabu (3/5).
K. ANAM SYAHMADANI

*FGD Fakultas Teknik Universitas Pancasakti Tegal

KOTA Tegal memiliki industri logam yang sempat membuatnya terkenal dengan sebutan Jepangnya Indonesia. Namun belakangan, industri logam di kota ini mengalami kemunduran. Hal tersebut, membuat Universitas Pancasakti (UPS) Tegal sebagai kampus tertua di Kota Bahari tertantang untuk membangkitkan Jepangnya Indonesia.

Itu disampaikan Wakil Rektor I UPS Dr Dino Rozano MPd dalam Forum Group Discussion (FGD) tentang Tantangan dan Peluang Manajemen Rantai Pasok dan Logistik di Industri dan Riset yang menghadirkan Dosen Magister Teknik Industri Program Pascasarjana Universitas Islam Indonesia (UII) Dr Ir Elisa Kusrini MT CPIM CSCP di Gedung Rektorat UPS, Rabu (3/5).

Selain akademisi, FGD ini juga dihadiri dinas terkait, koperasi dan perusahaan. “Untuk itu, diperlukan kerja keras dan kerjasama dari berbagai pihak. Semoga, FGD ini bisa menjadi awal menuju ke sana,” kata Dino, yang berbicara mewakili Rektor UPS Prof Dr Wahyono SH MS yang sedang berada di Thailand dalam upaya meningkatkan akreditasi institusi menjadi A.

Dekan Fakultas Teknik UPS Mustaqim ST MEng menyampaikan, pihaknya menargetkan membentuk pusat kajian bersama terkait rantai pasok. “Manajemen rantai pasok itu sangat penting. Sebab, persaingan industri semakin ketat,” ujarnya. Mustaqim berharap, selanjutnya, program studi Teknik Industri yang dimiliki UPS semakin banyak diminati masyarakat.

Sementara itu, Dosen Magister Teknik Industri Program Pascasarjana UII Dr Ir Elisa Kusrini MT CPIM CSCP dalam materinya menjabarkan, yang menjadi tantangan manajemen rantai pasok dan logistik di Indonesia meliputi regulasi, infrastruktur, pengembangan sumber daya manusia dan profesionalisme, pelaku dan penyedia jasa logistik, serta teknologi informasi dan komunikasi. (nam)

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *