Batang Pendidikan

Gunakan Kurikulum 2013, Sekolah Tak Perlu Resah

Gunakan K13, Sekolah Tak Perlu Resah
BELAJAR – Para siswa saat mengikuti kegiatan belajar mengajar di SMPN 1 Kandeman.
NOVIA ROCHMAWATI / RADAR PEKALONGAN

BATANG – Diskdikbud Batang mengimbau kepada sekolah baru pengguna K13 agar tidak perlu resah. Terlebih terkait bagaimana pelaksanaan secara teknis di lapangan. Pasalnya para guru terlebih dahulu akan mendapatkan bimbingan teknis pelaksanaan K13.

Demikian disampaikan Kepala Disdikbud Batang, Rakhmat N Fadilah saat diwawancarai di kantornya, Kamis (18/5). “Tahun ini ada 40 SMP yang akan menyelenggarakan K13. Sebelumnya hanya 13 SMP saja yang menggunakan kurikulum tersebut. Berdasarkan keputusan Kemendikbud, tahun ajaran depan ada penambahan kuota penyelenggara K13. Nah sekolah yang baru ini tidak perlu khawatir karena nantinya akan ada pembinaan penyelenggaran K13,” terangnya.

Tahun sebelumnya sudah ada 13 SMP yang menggunakan K13. Dan baru di tahun 2017 ini ada tambahan kuota 27, sehingga menjadi 40 SMP dari total 70 SMP Negeri dan Swasta yang ada di Batang. Capaian pengguna kurikulum K13 sendiri hampir mencapai 60 persen tahun ajaran depan nanti.

Kasi Kurikulum SMP, Endang Pujiarti menambahkan, Kurikulum 2013 merupakan hal yang baru, sehingga banyak pihak guru atau pendidik yang masih belum mau menerapkanya karena merasa kesulitan.

“K13 jangan dijadikan momok oleh guru, ini hal yang belum terbiasa seperti halnya KTSP dulu, kalau sudah jalan yo nyaman-nyaman saja,” jelasnya.

Endang juga meminta kepada guru untuk tidak resah dengan penerapan K13 karena akan ada bimbingan teknis atau pelatihan bagi guru.

“Untuk tahun ini ada 1288 guru yang akan mengikuti bimbingan teknis atau pelatihan yang akan di laksankan 29 Mei mendatang selama enam hari yang di bagi menjadi dua gelombang,” jelasnya

Ditambahkan, K13 memiliki empat aspek penilaian, yaitu aspek pengetahuan, aspek keterampilan, aspek sikap, dan perilaku. Adapun mata pelajaran yang wajib di ajarkan yakni, Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Matematika, Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Bahasa Inggris, Seni Budaya, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Prakarya (Rekayasa/Kerajinan/Budidaya/Pengolahan) Bahasa Daerah, Bahasa Asing Sesuai dengan kebijakan sekolah. (ap5)

Penulis: Novia Rochmawati | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *